Dewan Minta Pendaftaran PPDB SD-SMP di Makassar Dibuka 24 Jam

Sabtu, 19 Juni 2021 - 05:53 WIB
loading...
Dewan Minta Pendaftaran PPDB SD-SMP di Makassar Dibuka 24 Jam
Dewan meminta agar pelaksanaan PPDB di Makassar bisa dibuka 24 jam. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD-SMP siap digelar. Jika tak ada kendala, pendaftaran jalur zonasi dimulai pada Senin (21/6/2021) pekan depan. Pendaftaran dilakukan secara daring atau online.

DPRD Makassar meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, untuk membuka pendaftaran PPDB selama 24 jam. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pendaftar pada jam-jam tertentu. Khususnya di hari pertama pendaftaran.

Ketua Komisi D DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir tidak menampik pelaksanaan PPDB selalu mengundang protes tiap tahunnya. Tidak hanya soal server yang sulit diakses, potensi adanya kecurangan selalu dicurigai orang tua calon peserta didik.



"Jadi PPDB harus dibuka 24 jam, ini untuk mencegah adanya kecurigaan orang tua peserta didik soal kecurangan dalam pelaksanaan PPDB," kata Wahab, Jumat, (18/06/2021).

Permintaan yang serupa juga disampaikan Anggota Komisi D DPRD Makassar, Al Hidayat Samsu. Dia menyarankan agar aplikasi PPDB bisa diakses selama 24 jam. Dengan begitu, kata dia, orang tua bisa leluasa mendaftarkan anaknya pada jam-jam lowong.

Selain itu, dia juga meminta kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar untuk memastikan server PPDB aman. Tidak ada lagi persoalan seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Server mudah down saat diakses banyak orang.

"Yang paling banyak masalah ini servernya, jadi kita harus memastikan keamanan server itu," ujar dia.

Terpisah, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Makassar, Denny Hidayat menyebut Diskominfo menyiapkan enam server untuk mendukung pelaksanaan PPDB dengan kapasitas 1.200 Mbps.

Dengan server yang ada dia menjamin kendala yang biasa terjadi pada PPDB bisa diatasi. Aplikasi PPDB pun, kata dia, tidak menjadi soal jika dibuka selama 24 jam.



"Kami sudah menyiapkan enam server untuk menghadapi kendala yang biasa terjadi pada PPDB dengan jaringan yang cukup memadai 1.200 Mbps. Jadi kalau disepakati, server kami siap jika pendaftaran PPDB dibuka 24 jam," jelas dia.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)