TOPIK TERPOPULER

Begini Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Anak Selama Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Begini Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Anak Selama Pandemi
Kasus Covid-19 pada anak pun cukup tinggi. Foto: Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Mobilitas masyarakat selama libur panjang bulan lalu menyebabkan kasus Covid-19 kembali tinggi. Bahkan kasus Covid-19 pada anak pun cukup tinggi, yaitu mencapai 661 kasus pada anak usia 0-18 tahun. Sebanyak 144 di antaranya kelompok anak di bawah 5 tahun (balita).

Oleh karena itu, para orang tua dianjurkan makin ketat menjaga kesehatan anak dan melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari Covid-19. Salah satunya adalah memberikan perhatian lebih dan menghindari interaksi dengan lingkungan luar rumah selama masa meningkatnya kasus Covid-19.

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K) FAAP menjelaskan situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air memang sedang dalam kondisi darurat. Sebab, peningkatan kasus covid-19 tidak terkendali hingga menyebabkan bed occupancy rate (BOR) rumah sakit meningkat drastis.

Baca Juga: Anak-anak dan Remaja Dominasi Penambahan Kasus Covid-19 di Depok

"Mari bersama kita jaga anak Indonesia dengan penuhi hak anak untuk hidup, dan untuk sehat fisik mental demi masa depan yang lebh baik. Kita hidup untuk apa? Untuk anak cucu kita. Jaga anak kita jangan sampai anak ada yang sakit," terang dr Aman.



Dalam kesempatan tersebut, ia juga membagikan lima tips bagi para orangtua untuk menjaga anaknya dari Covid-19 selama masa peningkatan kasus ini.

1. Orangtua maupun pengasuh harus mendampingi anaknya saat menjalani aktivitas daring. Sebab kapan lagi orangtua bisa menyayangi dan memberikan perhatian kepada anak, sehingga masa pandemi Covid-19 bisa digunakan untuk mendampingi anak.

2. Dilarang mengajak anak keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat.

3. Hindari anak berada di ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk saat harus beraktivitas di luar rumah.

4. Untuk mencegah berbagai penyakit lainya, tetap lengkapi anak dengan imunisasi rutin.



5. Pemerintah dan masyarakat berkerja sama melakukan pendampingan protokol kesehatan di tempat umum.

Baca Juga: Agnez Mo Bangun Klinik Vaksin Gratis, Fasilitasnya Lengkap



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!