alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Semakin Bahagia, Kamu dan Pasanganmu Semakin Mirip! Benarkah?

Sri S Syam
Semakin Bahagia, Kamu dan Pasanganmu Semakin Mirip! Benarkah?
Jika lihat-lihat dan diperhatikan dengan seksama, banyak pasangan memiliki wajah yang mirip. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Jika lihat-lihat dan diperhatikan dengan seksama, banyak pasangan memiliki wajah yang mirip. Entah kebetulan atau memang disengaja, sejumlah orang nyatanya beruntung dengan pasangan yang hampir serupa.

Lalu apa gerangan yang menyebabkan hal itu terjadi ? berdasarkan penelitian para ahli, ada sejumlah alasan ilmiah yang melatarbelakangi kemiripan tersebut, dilansir dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Semakin Bahagia Pasangan, Semakin Terlihat Mirip Satu Sama Lain
Studi seorang psikolog asal Amerika, Robert Zajonc menemukan bahwa tingkat kemiripan pasangan suami istri dipengaruhi oleh tingkat kebahagiaan mereka. Semakin bahagia, semakin terlihat mirip. Kerut senyum dan raut wajah akan terbentuk serupa apabila terbiasa tersenyum dan tertawa bersama.



2. Saling Berbagi Emosi Selama Bertahun-tahun
Penelitian yang dilakukan Robert Zajonc, psikolog di University of Michigan membuktikan bahwa peningkatan kemiripan wajah merupakan hasil dari saling berbagi emosi selama beberapa dekade. Para ahli membuktikan bahwa terbentuknya sel-sel dalam otak dipengaruhi oleh ekspresi atau perasaan yang dialami bersama selama bertahun-tahun. Sel-sel di dalam otak yang selanjutnya akan membentuk fisik, perilaku hingga emosional yang sama.

3. Sistem Imun yang Terbentuk Selama Bertahun-tahun
Hidup bersama selama bertahun-tahun membuat orang secara tidak sadar saling meniru ekspresi wajah. Mereka menjadi terbiasa dengan apa yang mereka lihat dan menirunya. Berbagi ekspresi wajah ini dapat mengidentifikasi emosi karena otot-otot wajah memainkan peran dalam mengatur aliran arah ke otak.

4. Pria cenderung Mencari Perempuan yang Mirip dengan Ibunya
Menurut riset, orang lebih tertarik dengan pasangan yang mirip dengan mereka. Secara tidak sadar, pria cenderung mencari pasangan yang mirip dengan ibunya, karena menganggap ibunya adalah figur wanita yang ideal.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook