Deretan Rekor Timnas Italia di Piala Eropa 2020

Senin, 21 Juni 2021 - 04:29 WIB
loading...
Deretan Rekor Timnas Italia di Piala Eropa 2020
Timnas Italia menyelesaikan babak penyisihan Grup A Piala Eropa 2020 dengan torehan sempurna. Pasukan Roberto Mancini sukses mengumpulkan torehan sembilan poin dari tiga kemenangan yang diraihnya atas Turki, Swiss, dan Wales / Foto: UEFA
A A A
ROMA - Timnas Italia menyelesaikan babak penyisihan Grup A Piala Eropa 2020 dengan torehan sempurna. Pasukan Roberto Mancini sukses mengumpulkan torehan sembilan poin dari tiga kemenangan yang diraihnya atas Turki, Swiss, dan Wales.

Pada laga terakhir penyisihan Grup A melawan Wales di Stadion Olimpico, Senin (21/6/2021) dini hari WIB, Italia menang dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Gli Azzurri dicetak Matteo Pessina pada menit 39 setelah menerima umpan akurat Verratti.

Italia pun keluar sebagai jawara Grup A dengan torehan sembilan poin. Menariknya, mereka belum pernah kebobolan alias menjaga clean sheet dalam tiga pertandingan terakhirnya.

BACA JUGA: Hasil Piala Eropa 2020: Swiss Pesta Gol, Wales Temani Italia ke Babak 16 Besar

Penghitungan tujuh gol timnas Italia selama di babak penyisihan Grup A merupakan catatan terbaik mereka di babak penyisihan grup turnamen besar sejak Piala Dunia 1998 (tujuh gol). Italia kini telah memenangkan 11 pertandingan terakhir mereka, dengan total mencetak 32 gol tanpa kebobolan dalam periode ini.

Gianluigi Donnarumma, yang digantikan Salvatore Sirigu, adalah kiper termuda (22 tahun dan 115 hari) yang menjaga clean sheet dalam tiga pertandingan berturut-turut di Piala Eropa. Singkatnya, timnas Italia dalam rekor tak terkalahkan dalam 30 pertandingan sekaligus menyamai catatan yang pernah dibuat oleh Gli Azzurri besutan Vittorio Pozzo pada 1930-an.

BACA JUGA: Valentino Rossi Dicerai Tim Petronas Yamaha SRT

Pasca pertandingan, Mancini mengaku puas anak asuhnya mampu menjaga identitas permainan. “Kami tidak bisa berbuat lebih baik. Mungkin kami bisa mencetak lebih banyak gol tetapi itu sangat panas dan permainan yang sangat mengandalkan fisik, jadi para pemain melakukannya dengan sangat baik. Penting bahwa identitas tim tetap sama bahkan ketika kami mengganti tiga atau empat pemain. Mereka semua tahu apa yang harus dilakukan dan keunggulan akhirnya tidak berubah," ungkap Mancini dikutip dari laman resmi UEFA.

Berikut Deretan Rekor Timnas Italia

1. Timnas Italia menang 25 kali dan seri lima kali dari 30 pertandingan mereka sejak kalah dari Portugal pada September 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)