alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Bulukumba Perkuat Pengawasan ASN di Pilkada 2020

Eky Hendrawan
Bawaslu Bulukumba Perkuat Pengawasan ASN di Pilkada 2020
Salah seorang peserta sosialisasi membubuhkan tanda tangan sebagai bagian dari deklarasi netralitas jelang Pilkada 2020. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bulukumba melakukan sosialisasi netralitas aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri, di rumah makan Bersama (RMB), Jalan Nenas, Kamis (20/2/2020). Kegiatan itu dalam rangka memperkuat pengawasan pilkada 2020.

Dalam agenda sosialisasi tersebut narasumber yang hadir di antaranya dari Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diwakili Saifullah Jihad, Wakapolres Bulukumba Kompol Syarifuddin, Danramil Gantarang Kapten Infanteri Sudirman dan Komisioner Bulukumba, Bakri Abubakar.

Komisioner Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar mengatakan, pihaknya menggelar agenda tersebut sebagai salah satu program dalam menyambut pilkada Bulukumba.



“Ini salah satu program dari kami dalam menyambut pilkada,” katanya.

Selain itu Bakri Abubakar mengungkapkan, netralitas aparat baik itu ASN, TNI, maupun Polri merupakan salah satu hal yang mesti disosialisasikan secara maksimal.

Menurutnya, selain kecurangan politik uang, kecurangan dalam bentuk ketidaknetralan oknum ASN, TNI, dan Polri juga rawan terjadi pada setiap penyelenggaraan pemilihan umum, terkhusus pada pilkada.

“Selain politik uang, ketidaknetralan ASN, TNI, Polri juga rawan terjadi. Agenda ini salah satu bentuk pencegahannya,” papar Bakri Abubakar.

Bahkan selama memasuki tahapan pilkada, kata dia, sudah ada lima orang ASN yang dilaporkan di Bawaslu dan sudah diproses.

“Selama masuk tahapan pilkada sudah lima orang ASN yang diproses. Di antara kelima itu ada yang diduga melanggar karena mencalonkan diri jadi bupati dan wakil bupati sebelum mengambil cuti. Ada juga ASN yang terang-terangan mendukung salah satu bakal calon,” jelasnya.

Pada akhir acara, setiap peserta bertandatangan pada plakat deklarasi netralitas ASN, TNI dan Polri, sebagai bentuk pernyataan siap menjaga netralitasnya saat penyelenggaraan pilkada Bulukumba nanti.

Wakil Kepala Polres Bulukumba, Kompol Syarifuddin berharap agar semua pihak dapat bekerja sama untuk melakukan pengawasan dan pencegahan terjadinya pelanggaran pada pilkada Bulukumba mendatang. Sehingga pilkada damai bisa berjalan dengan baik.

"Bawaslu, kepolisian dan penegak hukum lainnya tentu berharap agar semua pihak ikut terlibat dalam melahirkan pilkada yang damai dan aman," kata dia singkat.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook