TOPIK TERPOPULER

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Lansia Pinrang Terbaik di Sulsel

Darwiaty Dalle
Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Lansia Pinrang Terbaik di Sulsel
Vaksinasi bagi kelompok lansia di Kabupaten Pinrang telah menyentuh angka 40% dari 60 jiwa. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

PINRANG - Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pinrang, Dyah Puspita Dewi mengungkapkan, saat ini Kabupaten Pinrang menjadi daerah dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terbaik di Sulsel bagi kalangan lanjut usia (lansia).

"Capaian itu kami paparkan pada pertemuan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel melalui aplikasi zoom, akhir pekan lalu. Dan untuk sementara capaian Pinrang tertinggi di Sulsel," papar Dyah, Senin (21/6).

Baca juga: Vaksinasi Kelompok Guru di Kabupaten Pinrang Hampir Rampung

Dyah yang juga Kepala Dinas Kesehatan Pinrang itu menyampaikan, vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Pinrang sudah mencapai 40% dari sekitar 60 ribu jiwa. Capaian Pinrang, disusul Kota Parepare yang berada pada angka 20,54%, serta Kabupaten Tana Toraja 19,05%.

Dyah mengemukakan, salah satu kiat yang dilakukan pihaknya hingga mampu mendekati kelompok lansia dengan menerapkan sistem jemput bola. Pihaknya, memanfaatkan momen masa gajian bagi pensiunan tiap awal bulan, dengan mendatangi lembaga perbankan, hingga kantor pos.



Baca juga: Masuk Zona Hijau Covid-19, Parepare dan Pinrang Perketat Penggunaan Masker

"Kita menggelar vaksinasi halaman kantor pos dan perbankan setelah berkoordinasi dengan pihak terkait," ujarnya.

Dyah tidak menapik, selama pelaksanaan ada beberapa warga lansia yang menolak dengan berbagai alasan, utamanya karena penyakit. Namun dengan pendekatan disertai penjelasan terkait tujuan vaksinasi, pada akhirnya semakin banyak lansia yang berminat mengikuti program pemerintah ini.

"Bahkan dalam satu titik, peserta vaksinasi lansia bisa mencapai 300 orang. Dan kita akan terus bergerak. Capaian tidak menjadi prioritas, namun terpenting sasarannya," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Pinrang Dorong Pelaku UMKM Melek Digital



Sementara Bupati Pinrang, Irwan Hamid mengatakan, total sasaran vaksin sudah menembus angka 289.932 jiwa, terdiri dari tenaga kesehatan lebih 2 ribu orang, tenaga publik sebanyak 17.178 dan masyarakat umum 219.587 orang.

Terkait lansia, tambah Irwan, pihaknya mengeluarkan surat edaran terkait ajakan vaksinasi, yang diumumkan pada masjid-masjid yang tersebar pada 12 kecamatan, selain menggerakkan seluruh perangkat kecamatan, kelurahan dan desa.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!