alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Iqbal Suhaeb Sebut Banyak Investor Jepang Tertarik ke Makassar

Agus Nyomba
Iqbal Suhaeb Sebut Banyak Investor Jepang Tertarik ke Makassar
Pj Wali Kota Makassar Iqbael Suhaeb saat menerima perwakilan JASCA membahas persiapan acara pada akhir Februari nanti. Foto/Istimewa

MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menyampaikan banyak investor asal Jepang yang tertarik ke daerahnya untuk melakukan penjajakan kerja sama di berbagai bidang. Hal itu terungkap setelah dirinya menemui sejumlah delegasi dari Japan Association for Smart Cities in ASEAN (JASCA) di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Jumat (21/2/2020).

Pertemuan Iqbal dengan perwakilan dari JASCA dalam rangka membahas persiapan acara Smart City Conference with JASCA in Makassar 2020. Dalam pertemuan itu, terungkap sedikitnya ada 26 perusahaan ternama Jepang yang siap ke Makassar. Mereka akan melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemkot Makassar terkait sejumlah bidang, baik lingkungan, kesehatan, maupun pendidikan.

“Hari ini kami bertemu dengan perwakilan JASCA membicarakan persiapan konferensi, termasuk mematangkan sejumlah agenda pertemuan antara private sector Jepang dengan sejumlah OPD kita” ujar Iqbal.



Sementara itu, Miharu Hosono dari Urban Regional Planning Group Oriental Consultans Global, membeberkan sejumlah alasan dari private sector Japan untuk datang ke Kota Makassar. “Makassar salah satu kota terbesar di Indonesia, dan kami melihat semangat yang begitu besar untuk menjadi kota yang lebih cerdas dengan membuka keterhubungan secara internasional."

"Tadi kami sudah berbicara banyak dengan pak walikota, termasuk menyusun agenda penting yang nantinya akan di bahas pada konferensi," sambung Miharu.

Dalam konferensi nanti, sejumlah OPD Kota Makassar disiapkan untuk melakukan penjajakan kerja sama dengan private sector Jepang. Di antaranya yakni PDAM Makassar, Dinas Kominfo Makassar, Dinas Perhubungan Makassar, Dinas Kesehatan Makassar, Dinas Lingkungan Hidup Makassar dan beberapa instansi lainnya.

Acara Smart City Conference with JASCA in Makassar 2020 agar digelar pada 27-28 Februari 2020. Kegiatan ini diinisiasi Pemkot Makassar bersama JASCA. Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Jepang, dalam hal ini Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang serta beberapa Kementerian RI, dan juga Pemerintah Provinsi Sulsel.

Sejumlah stake holder turut diundang pada acara ini. Di antaranya yakni para rektor dari kampus besar di Indonesia Timur, perwakilan pemerintah pusat, pemerintah provinsi Sulsel, kepala daerah, perusahaan lokal dan juga komunitas kreatif di Kota Makassar.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook