TOPIK TERPOPULER

PPDB Dibuka, Persoalan Server dan Titik Koordinat Dikeluhkan

Ashari Prawira Negara
PPDB Dibuka, Persoalan Server dan Titik Koordinat Dikeluhkan
Sejumlah masalah kembali muncul pada pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 jalur zonasi. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Sejumlah masalah kembali muncul pada pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 jalur zonasi. Padahal PPDB tersebut baru saja dibuka, Senin (21/6/2021).

Persoalan-persoalan yang muncul hampir sama dengan tahun 2020 lalu yaitu server yang tidak bisa diakses dan adanya kesalahan input pada titik koordinat.

Keluhan tersebut sempat dilontarkan salah satu orang tua siswa, Haeruddin, seorang warga Andalas yang hendak mendaftarkan anaknya ke SMPN 6 Makassar.

Dia mengaku titik koordinat anaknya sama sekali tidak sesuai dengan tempat tinggalnya saat ini. Anaknya diketahui terdaftar di RT 5 padahal dirinya bersama anaknya tinggal di RT 3.

"Titik koordinatnya itu beda, saya (warga) Andalas RT 3, tapi kenapa justru terdaftar di RT 5," ujar Haeruddin.



Baca Juga: Posko Pelayanan Aduan PPDB Zonasi Dibuka di Tiap Sekolah

Dia mengaku telah mendatangi langsung posko aduan yang disediakan di SMPN 6 Makassar. Dimana pihak sekolah telah meyakinkan data tersebut akan diubah. "Jadi sudah saya laporkan, tapi katanya nanti berubah sendiri," tuturnya.

Selain persoalan titik koordinat, server juga sempat bermasalah, dimana situs tidak dapat diakses.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Amalia Malik membenarkan sulitnya situs diakses. Dia menduga persoalan tersebut lantaran meningkatnya lalu lintas akses.

"Saya saja buka saya punya Hp kadang dia langsung tertulis service error, akhirnya saya reload-reload aja. Apalagi kalau mau pakai untuk pendaftaran, saya liat agak susah," ucap Amalia.



Dia menyarankan agar pendaftar mencoba kembali saat jam-jam sibuk mulai berkurang, apalagi kata dia pendaftaran dibuka 24 jam.

Baca Juga: Dewan Minta Pendaftaran PPDB SD-SMP di Makassar Dibuka 24 Jam

"Kan ini ada lima hari, yah kita himbaulah kepada masyarakat kalau tidak dapat hari ini mungkin coba sore hari, atau malam. Karena ini kan 24 jam. 24 jam kita buka pendaftaran selama lima hari," ucapnya.



(agn)

halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!