alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Tegas, Pengusaha Tetap Dibebankan Pajak Parkir Tanpa Kecuali

Vivi Riski Indriani
Pemkot Tegas, Pengusaha Tetap Dibebankan Pajak Parkir Tanpa Kecuali
Protes pengusaha terkait kebijakan penarikan pajak parkir meski tak memungut parkit terhadap pelanggannya, dimentahkan. Pemkot Makassar bersikukuh menerapkan aturan tersebut. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Protes pengusaha terkait kebijakan penarikan pajak parkir meski tak memungut parkit terhadap pelanggannya, dimentahkan. Pemkot Makassar bersikukuh menerapkan aturan tersebut.

"Jadi kalaupun tidak pungut parkir tetap kita bebankan pajak parkir karena aturannya begitu. Pajak parkir itu berlaku inklusi bagi semua penyelenggara usaha yang menyediakan pelataran parkir," tegas Kepala UPTD Parkir Bapenda Kota Makassar, Muh Dasysyara Dahyar.

Dia menyampaikan setiap tahun jumlah wajib pajak parkir terus mengalami peningkatan sehingga sosialisasi kepatuhan wajib pajak perlu dimassifkan.



Apalagi tidak sedikit wajib pajak yang mengeluhkan penarikan pajak parkir sebesar 30% sedangkan mereka tidak menarik tarif parkir. Sehingga menurutnya aturan itu perlu disosialisasikan sehingga wajib pajak baru lebih paham.

"Kita rutin sosialisasi karena kan tiap tahun muncul wajib pajak baru makanya itu perlu kita kasih pemahaman," ucapnya.

Dee pun menyebutkan pendapatan pajak parkir terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Targetnya pun juga mengalami lonjakan kenaikan yang cukup signifikan.

Terbukti, di 2019 lalu targetnya hanya Rp60 miliar dan tahun ini meningkat menjadi Rp100 miliar. Pendapatannya pun mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya meski diakui Dee peningkatannya belum terlalu signifikan.

"Pendapatan kita meningkat, hanya saja kendalanya karena retribusi belum bisa kita pungut karena masih berada di PD Parkir," tuturnya.

Tidak hanya memungut pajak yang menjadi kewajiban setiap bulannya, pihaknya juga fokus mengejar wajib pajak yang masih memiliki tunggakan. Sebab jumlah tunggakan wajib pajak parkir tidak sedikit nilainya.

"Tahun lalu alhamdulillah banyak yang melunasi tunggakannya karena kita juga dibackup sama Korsupgah KPK, tahun ini kita genjot lagi," tutupnya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook