TOPIK TERPOPULER

Pasar Sumpang Minangae Parepare Jadi Pasar Pangan Aman Terbaik Nasional

Darwiaty Dalle
Pasar Sumpang Minangae Parepare Jadi Pasar Pangan Aman Terbaik Nasional
Wali Kota Parepare menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM sebagai daerah terbaik nasional lomba pasar pangan aman berbasis komunitas. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Pasar Sumpang Minangae di Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba pasar pangan aman berbasis komunitas. Lomba ini dilaksanakan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Penghargaan diterima Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Selasa (22/06/2021). Penghargaan diserahkan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki didampingi Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito.

Baca juga: Pemkot Parepare Berinovasi Perkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Predikat sebagai juara I lomba pasar pangan aman ini menjadikan Kota Parepare terbaik di tingkat nasional dalam memproteksi konsumen dari bahan-bahan pangan berbahaya.

Penghargaan diraih berkat inovasi Gadis Paman atau Gabungan Dinas Pangan Aman. Lewat inovasi ini, 11 SKPD Pemkot Parepare bersinergi menghadirkan pasar yang aman, serta bebas dari pangan berbahaya dengan konsep destinasi belanja dan wisata.



Plt Kepala Dinas Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, Pasar Sumpang Minangae yang mengantongi sertifikat SNI ini, dilengkapi ruang laktasi, pos kesehatan, musallah, toilet, sarana parkir, ruang pengaduan konsumen, bank sampah, etalase produksi home industri dan pelaku UKM, serta sarana dan prasarana lain.

Pasar yang berada di kawasan Tonrangeng River Side (TRS) tersebut, jelas Amarun, juga dilengkapi ruang untuk menguji kandungan bahan pangan, tempat timbangan ulang di setiap sudut pasar, dan penyediaan sayur hidroponik.

Baca juga: Pemkot Parepare Gelar Lelang untuk Isi 10 Jabatan Eselon II

Selain itu, jelas Amarun, terdapat pula pelayanan belanja secara online dengan menggunakan QRIS, jasa angkutan online. Harga barang yang dijual pun dapat dipantau secara transparan dan update pada layar tv di pintu utama pasar. Ini kata dia menjadi bukti nyata komitmen pemerintah menghadirkan pasar pangan aman bebas dari bahan berbahaya.

"Kelebihan lain dari pasar ini, karena berkonsep belanja sambil berwisata. Para pengunjung akan dipandu petugas dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) menyusur salo Karajae sebagai salah satu ikon Parepare yang telah masuk dalam kalender event nasional," papar Amarun.



Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, keseluruhan inovasi dan penyediaan sarana dan prasarana tersebut dibungkus dalam inovasi besar Gadis Paman.

Baca juga: Pemkot Parepare Lelang 30 Unit Kendaraan Dinas

“Komitmen kami ingin memproteksi konsumen dan masyarakat kita dari bahan pangan berbahaya serta menghadirkan tata kelola pasar menjadi destinasi belanja dan wisata dan alhamdulillah sudah teruji dengan penghargaan Pasar Sumpang Minangae yang terpilih sebagai juara I Lomba Pasar Pangan Aman tingkat nasional yang diselenggarakan BPOM RI," papar Taufan.

Selain Pasar Sumpang Minangae Kota Parepare, juara II kategori yang sama diraih pasar Gentan Sleman, Kabupaten Sleman Yogyakarta, sementara juara III Pasar Tani, Kota Bandar Lampung.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!