TOPIK TERPOPULER

Bupati Pinrang Tinjau Lokasi Longsor di Desa Sali-sali Lembang

Darwiaty Dalle
Bupati Pinrang Tinjau Lokasi Longsor di Desa Sali-sali Lembang
Bupati Pinrang, Irwan Hamid saat meninjau bencana longsor di Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Selasa (22/6). Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PINRANG - Bupati Pinrang, Irwan Hamid meninjau lokasi bencana tanah longsor di Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Selasa (22/6). Bencana terjadi pada hari Minggu sore, tepatnya di Jalan Poros Sali-sali menuju Desa Suppiran, Dusun Silu.

"Curah hujan yang tinggi, memicu terjadinya longsor, dan materialnya menutupi akses jalan di Sali-sali hingga 40 meter," jelas Camat Lembang, Muhammad Yusuf.

Baca juga: Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Lansia Pinrang Terbaik di Sulsel

Akibatnya, kata Yusuf, jalan di desa tersebut sulit diakses kendaraan roda empat maupun roda dua. Desa Sali-sali, kata dia, memang kerap menjadi langganan longsor karena karakteristik struktur tanah di wilayah tersebut yang rawan terjadi longsor. "Terlebih ketika curah hujan yang tinggi," ujarnya.

Bupati Pinrang, Irwan Hamid mengatakan, kunjungan yang dilakukan pihaknya, turut melibatkan sejumlah pihak terkait, di antaranya Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Pinrang, Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang, serta Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Pinrang, yang selanjutnya akan menjadi dasar pengambilan kebijakan dan langkah penanganan selanjutnya.



"Penting meninjau langsung lokasi kejadian, sehingga dapat diketahui apa saja yang harus dibenahi pasca bencana longsor di Sali-sali. Karena tak sebatas akses jalan yang mesti dibenahi, tapi juga untuk memastikan apakah pola pengolahan lahan pertanian warga sudah tepat. Mengingat wilayannya berada di ketinggian," Irwan memaparkan.

Baca juga: Vaksinasi Kelompok Guru di Kabupaten Pinrang Hampir Rampung

Pihaknya, tambah Irwan, juga mengimbau masyarakat di wilayah tersebut agar tetap mawas dan waspada bencana, menyusul hujan yang curah dengan intensitas yang tinggi beberapa hari terakhir.

"Segera pembenahan dilakukan pada lokasi terjadinya longsor," tandasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!