Pasien Corona Melonjak, PB IDI: Mitigasi Stok Oksigen Sekarang, Wajib!

Rabu, 23 Juni 2021 - 09:43 WIB
loading...
Pasien Corona Melonjak, PB IDI: Mitigasi Stok Oksigen Sekarang, Wajib!
Rumah Sakit (RS) di sejumlah daerah dikabarkan mulai kekurangan pasokan oksigen akibat pasien Covid-19 (virus Corona) yang dirawat di RS terus melonjak. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit (RS) di sejumlah daerah dikabarkan mulai kekurangan pasokan oksigen akibat pasien Covid-19(virus Corona) yang dirawat di RS terus melonjak. Hal ini imbas terjadinya lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran Idul Fitri.



Merespons hal ini, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban meminta agar daerah agar melakukan mitigasi stok oksigen mulai sekarang.

“Beberapa bulan silam sebenarnya kita punya cukup waktu memitigasi krisis oksigen--seperti yang terjadi di Yogyakarta saat ini. Apalagi oksigen adalah kunci dalam merawat beberapa pasien Covid-19. Saya harap, daerah lain punya mitigasi stok oksigen ini mulai sekarang. Wajib,” tegas Zubairi lewat akun media sosial pribadinya, dikutip Rabu (23/6/2021).

Zubairi pun mendorong pemerintah agar menyiapkan stok oksigen untuk keperluan darurat. Apalagi, kasus Covid-19 masih terus mengalami lonjakan. Dia pun meminta agar melakukan desentralisasi stok di beberapa daerah sehingga tidak akan mengganggu supply oksigen.

"Bukan berharap yang buruk. Tapi ada baiknya kita dorong pemerintah menyiapkan stok oksigen untuk keperluan darurat. Seperti mendesentralisasi stok di beberapa daerah sehingga segera tersedia jika suplai terganggu. Semoga kita punya mitigasi untuk hal ini," papar Zubairi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)