Polda Sulsel Berhasil Ringkus Pembunuh dan Pembakar Rian

Rabu, 23 Juni 2021 - 16:49 WIB
loading...
Polda Sulsel Berhasil Ringkus Pembunuh dan Pembakar Rian
D, salah satu dari sembilan tersangka pembunuhan sekaligus membakar jenazah Rian di Kabupaten Maros. Foto: Dokumentasi polisi
A A A
MAKASSAR - Petugas Resmob Polda Sulsel berhasil meringkus pria berinisial D, buronan kasus pembunuhan terhadap Rian (21) yang mayatnya dibakar di pinggir jalan poros Kabupaten Maros-Bone.

Kabid Humas Polda Sulsel , Kombes E Zulpan membenarkan informasi tersebut. Namun dia belum mau membeberkan kronologis, waktu dan lokasi penangkapan D.

Baca Juga: Polda Sulsel
Informasi yang dihimpun SINDOnews, pelaku diamankan di pesisir Pamona Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Penangkapan dilakukan pada Minggu 20 Juni 2021.

D merupakan satu dari sembilan tersangka yang telah ditangkap lebih awal di Makassar dan Bulukumba. Zulpan menerangkan D memiliki peran penting dalam kasus dugaan pembunuhan berencana itu.

Baca Juga: Mapolda Sulsel
Kapolda Sulsel , Irjen Pol Merdisyam sebelumnya mengungkapkan, kasus ini dilatarbelakangi persoalan asmara sesama jenis antara MA dan korban Rian. MA merasa sakit hati terhadap korban yang dianggap punya hubungan asmara dengan lelaki lain.

Baca juga:Selain Asmara, Kriminolog Duga Ada Motif Lain Rian Dibunuh Hingga Dibakar

MA bersama 8 rekannya dianggap merencanakan pembunuhan terhadap Rian, pemuda asal Kabupaten Gowa. Mulai dari menjemput korban di rumahnya, dikeroyok di hotel, dianiaya lagi di rumah salah satu tersangka, sampai meregang nyawa. Terakhir membakar mayat korban di Maros.

Akibat perbuatan melawan hukumnya, tersangka dijerat dengan pasal 340 KUHPidana subsider pasal 338 KUHPidana, juncto pasal 55 pasal 56 dan pasal 170 KUHPidana ayat 2 ke 3e. Mereka terancam pidana seumur hidup dan penjara paling lama 20 tahun.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)