alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Pilkada Serentak, Kajati Sulsel Siapkan Jaksa Terbaik

Muhammad Chaidir
Jelang Pilkada Serentak, Kajati Sulsel Siapkan Jaksa Terbaik
Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Firdaus Dewilmar saat memberikan instruksi kepada jajarannya untuk menyiapkan jaksa terbaik masuk ke Gakkumdu. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Firdaus Dewilmar menyebut telah menunjuk Jaksa terbaiknya untuk bertugas pada sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) jelang Pilkada Serentak.

Dalam menghadapi Pilkada serentak di 12 Kabupaten Kota di Sulsel, Firdaus tak menampik peranan penegak hukum menjadi sangat penting, untuk membantu Bawaslu dalam menerima laporan-laporan yang diprediksinya akan bermunculan.

Firdaus menyebutkan Jaksa terbaik Kejati Sulsel akan mengambil peran dalam sentra Gakkumdu ke depan, untuk membantu Bawaslu dalam mengidentifikasi laporan, baik pidana maupun administratif.



"Saya sudah menunjuk jaksa yang terbaik untuk duduk di sentral Gakkumdu serta menghimbau para Kajari juga demikian," terangnya kepada Sindonews, Minggu (23/2/2020).

Kajati yang menyandang gelar doktoral tersebut mengaku jelang Pilkada serentak di Sulsel, sentra Gakkumdu oleh Bawaslu memang akan secepatnya dibentuk. Olehnya peran Jaksa nantinya akan membantu Bawaslu dalam menerima dan mengklasifikasi setiap laporan tersebut.

"Di Sentra Gakkumdu itu nantinya para Jaksa kita membantu menerima dan mengklasifikasi laporan, mana yang memang ada unsur pidananya dan mana yang bersifat administratif," lanjutnya.

Tak hanya itu menurutnya, yang terpenting dan patut dilakukan adalah mengedukasi masyarakat. Ia menyebut masyarakat penting diedukasi dalam memandang politik. Namun meski begitu, ia berharap Partai Politik sebagai penggerak utama demokrasi dapat memberi contoh cara berdemokrasi yang berintegritas dan jujur.

"Tujuannya agar terwujud demokrasi berintegritas dan jujur sehingga melahirkan pemimpin terpilih secara demokratis dan aspiratif, tapi kita harap Partai Politik juga memberi contoh," pungkasnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook