alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Makassar Soroti Maraknya PKL Musiman di Bahu Jalan

Ashari Prawira Negara
DPRD Makassar Soroti Maraknya PKL Musiman di Bahu Jalan
Anggota DPRD Makassar menyoroti maraknya PKL musiman di bahu jalan. Foto: dok/sindonews

MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, menyoroti sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang mulai banyak bermunculan di beberapa jalan di Makassar.

Para pedang tersebut kebanyakan diketahui menjual buah-buahan. Selain itu, mereka menggunakan bahu jalan, sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas.

Anggota Komisi C DPRD Kota Makassar Fasruddin Rusli mengatakan, hal ini memang kerap terjadi tiap tahunnya di musim-musim tertentu, yaitu saat musim buah tiba, para pedagang tersebut mulai menjamur memenuhi bahu jalan untuk menjajakan dagangannya, sehingga mempersempit jalur kendaraan.



"Ini kan penjual buah musiman, otomatis nanti musimnya baru ada seperti ini, hanya saja memang sudah sangat mengganggu," ujar Legislator PPP ini.

Hal ini kemudian diperparah oleh para pembelinya. Masyarakat yang hendak membeli dagangan mereka kerap berhenti di tengah jalan dan semakin memeperburuk jalur, sehingga memperlambat arus kendaraan yang akhirnya berimbas pada kemacetan lalu lintas (lalin).

Beberapa jalan yang diketahui banyak digunakan oleh para pedangan itu, antara lain di sepanjang Jalan Hertasning, Jalan Alauddin dan yang paling sering adalah di Jalan Pettarani dengan berbagai macam dagangan mulai dari buah hingga beragam makanan lainnya.

Fasruddin memandang hal ini seharusnya segera ditertibkan oleh Satpol PP agar tidak semakin menjamur, penertiban dipandang sangat diperlukan agar masyarakat lain tidak mencontoh hal yang sama.

"Memang sangat mengganggu hampir di semua tempat, yang seperti ini seharusnya ditertibkan oleh teman-teman PP, karena sudah sangat mengganggu juga memakai bahu jalan dan bisa membuat macet," ungkapnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook