Bahas Pembangunan Kesehatan, Lokakarya Mini Lintas Sektor di Lutra Digelar

Kamis, 24 Juni 2021 - 21:29 WIB
loading...
Bahas Pembangunan Kesehatan, Lokakarya Mini Lintas Sektor di Lutra Digelar
Lokakarya Mini lintas sektor dilakukan di Luwu Utara untuk membahas pembangunan kesehatan. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - UPT Puskesmas Kecamatan Malangke menggelar kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Triwulan II, untuk membahas pembangunan kesehatan di Kabupaten Luwu Utara Kamis (24/6/2021).

Kegiatan ini dibuka Plt Camat Malangke Akram Risa, dan dihadiri Kapolsek Malangke, Kepala Puskesmas Malangke, para Kepala Desa, serta para perwakilan tenaga kesehatan se-Malangke.

Lokmin Lintas Sektor ini membahas tentang pembangunan kesehatan di Kecamatan Malangke, serta menjawab isu-isu strategis di sektor kesehatan, seperti progres penanganan Covid-19, pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pelayanan KB, kelas ibu hamil, imunisasi serta posyandu lansia, yang semuanya adalah kegiatan rutin yang ada di Puskesmas.



Plt Camat Malangke, Akram Risa mengatakan bahwa kunci sukses pembangunan kesehatan ada di pundak tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh tenaga kesehatan untuk selalu bekerja dengan menggunakan hati dalam memberikan pelayanan. “Kita sebagai aparatur, khususnya mereka yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan, satu yang kita pegang, yaitu pelayanan ,” kata Akram.

Menurutnya, pelayanan yang baik adalah faktor terpenting yang harus dipegang tenaga medis. Tak hanya tenaga medis, tapi semua aparatur yang bergerak di sektor pelayanan dasar seperi kesehatan.

“Negara modern itu maju dan berkembang, serta aksesibilitasnya cepat, karena dipengaruhi oleh faktor layanan itu sendiri. Nah, kita yang ada di kesehatan, jaga layanan itu dengan baik. Caranya, manage hati ta dalam memberikan pelayanan,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, Lokmin Lintas Sektor harus menjadi perekat menyatukan kekuatan pelayanan. “Kumpul-kumpul seperti ini, berarti kita punya kekuatan. Bukankah kita kuat karena kita bersama, dan kita sukses karena kebersamaan yang kita bangun. Jadi, sekali lagi, kita yang hadir ini harus bisa membangun sinergi dan kolaborasi yang baik dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat,” tandas Kabag Pemerintahan ini.

Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Imran Ismail mengatakan bahwa Lokmin Lintas Sektor adalah sebuah wadah diskusi seputar pelayanan kesehatan yang rutin dilaksanakan setiap triwulan dalam rangka mendapatkan informasi terkait masalah-masalah yang timbul dalam pelayanan kesehatan di desa dan kecamatan.



“Wajib bagi kami dari Dinas Kesehatan untuk hadir di pertemuan ini, karena Puskesmas adalah perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan juga,” kata Imran.

Dia berjanji, setelah pertemuan dilakukan dan ada permasalahan yang timbul untuk segera ditindaklanjuti, maka pihaknya akan segera mengoordinasikan dengan pimpinan dan lintas sektor lainnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)