TOPIK TERPOPULER

DPRD Kota Makassar Soroti Bekas Galian IPAL Losari

Vivi Riski Indriani
DPRD Kota Makassar Soroti Bekas Galian IPAL Losari
Bekas galian proyek pembangunan IPAL Losari di Jalan Penghibur, Makassar, Kamis (25/6). Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - DPRD Kota Makassar menyoroti jalan berlubang bekas galian proyek pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Losari yang sementara dikerjakan pihak PT Adhi Karya (Persero) selaku kontraktor.

Sejumlah ruas jalan ditemukan dalam kondisi rusak akibat galian jaringan pipa IPAL Losari. Di antaranya di Jalan Cendrawasih, Jalan Singa, Jalan Nuri dan sejumlah ruas jalan lainnya.

Baca juga: DPRD Makassar Pangkas Anggaran Media Rp718 Juta

Sekretaris Komisi C DPRD Makassar, Fasruddin Rusli mengatakan, bekas galian pipa proyek IPAL komunal bisa membahayakan pengendara. Karena itu, dia meminta pihak kontraktor agar segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak akibat galian jaringan pipa.

"Ada penggalian pipa IPAL komunal, tapi inikan merusak semua jalanan. Otomatis pemerintah kota akan turun memperbaiki, tapi inikan kontraktor yang harus bertanggungjawab," tegas dia.

Menurutnya, setelah galian jaringan pipa selesai, pihak kontraktor seharusnya segera memperbaiki jalan yang rusak. Tidak dibiarkan begitu saja sehingga bisa mengancam keselamatan pengendara, karena kontur jalan tidak semulus sebelumnya.

Baca juga: Sosialisasi Perda, Rezki Tekankan Pentingnya Pendidikan Bagi Anak

"Setelah pengerjaan langsung pengaspalan, tapi ini tidak. Yang di aspal hanya yang dibongkar. Otomatis tidak sesuai dengan kondisi awal," ungkap dia.

Legislator PPP yang akrab disapa Acil itu berharap, koordinasi internal antara Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Makassar, PLN, Telkom dan Dinas Pekejaan Umum (PU) Makassar tetap berjalan.

Koordinasi itu membahas jadwal pembongkaran jalan atau galian. Apalagi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebelumnya mewacanakan semua kabel listrik akan disimpan di bawah tanah.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!