TOPIK TERPOPULER

Pendaftar PPDB Jalur Zonasi Mencapai 68.663 Siswa

Ashari Prawira Negara
Pendaftar PPDB Jalur Zonasi Mencapai 68.663 Siswa
Jumlah pendaftar di PPDB Jalur Zonasi di Makassar mencapai 68.663 siswa SD dan SMP. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Jumlah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Zonasi SD dan SMP tercatat telah menyentuh angka 68.663 pendaftar pada hari terakhir (25/6/2021) kemarin.

Masing-masing untuk SD sudah sebanyak 33.487 pendaftar, sementara SMP sebanyak 35.176. Kuota yang disediakan Disdik dilaporkan hanya 13.643 untuk SD dan 8.254 untuk SMP atau total keseluruhan sebanyak 21.897.

Baca Juga: Persoalan Koordinat Dominasi Aduan Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi

Jumlah tersebut tercatat sebanyak 70% dari kuota penerimaan untuk tahun ini yaitu 30.136.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba mengakui, masih banyak ketimpangan yang terjadi, meski demikian Disdik masih menyediakan jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan yang akan menampung 30% kuota.

"Masih ada harapan buat anak-anak yang tidak bisa lulus di jalur zonasi, ada 20% jalur afirmasi, kemudian perpindahan 5% dan khusus SMP masih ada 5% lagi untuk prestasi " tutur Nielma.

Nielma mengatakan, sebagian besar laporan yang masuk menyangkut masalah data kependudukan, seperti koordinat, alamat yang tidak jelas hingga ada data siswa yang rangkap.

"Ada user-usernya double, minta direset ulang, di dalam KK tidak ada nomor, banyak alamat tidak jelas, hanya menyebut wilayah tidak rinci, itu nomor harus jelas karena KK tidak jelas, itu diubah ada kesalahan validator padahal berkas belum lengkap," tutur Nielma.

Ditanya soal jumlah keluhan hingga hari terakhir ini, Nielma mengaku tidak begitu mengingat jumlahnya.

Baca Juga: Pendaftar PPDB Jalur Zonasi Sudah Lampaui 10 Ribu Orang

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!