BDI Pertamina Bersama Bazma Salurkan Zakat ke Masyarakat di Kota Makassar

Selasa, 26 Mei 2020 - 17:30 WIB
loading...
BDI Pertamina Bersama Bazma Salurkan Zakat ke Masyarakat di Kota Makassar
Pertamina menyalurkan zakat, infak, dan sedekah kepada warga di Kota Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Momentum Idul Fitri 1441 Hijriyah dimanfaatkan Badan Dakwah Islam (BDI) PT Pertamina (Persero) bersama dengan Baituzzakah Pertamina (Bazma) mengumpulkan, sekaligus menyalurkan zakat , infak dan sedekah (ZIS) dari para pekerja dan jasa penunjung muslim.

Khusus untuk hasil pengumpulan yang dilakukan BDI dan Bazma dari pekerja Pertamina yang ada di lingkungan Marketing Operation Region (MOR) VII, langsung disalurkan kepada masyarakat di Kota Makassar pada Jumat 22 Mei lalu.

Periode pengumpulan ZIS yang dilakukan oleh BDI dan Bazma ini mulai dari 13 Mei hingga 18 Mei 2020. Nilai konversi untuk 3 kg beras yang ditetapkan adalah sebesar Rp50 ribu. Adapun sistem penyerahan ZIS dilakukan via transfer ke rekening BDI Pertamina yang telah disiapkan.

Jumlah ZIS yang berhasil dikumpulkan dalam periode tersebut adalah sebesar 1.400 kg beras untuk zakat fitrah, Rp15,5 juta untuk zakat maal, dan Rp4,2 juta berupa infak.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan menjelaskan, setiap tahunnya Pertamina melalui BDI dan Bazma secara aktif mengumpulkan zakat, infak dan sedekah dari pekerja Pertamina.

"Pengumpulan zakat ini merupakan suatu bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada pekerja Pertamina untuk menyalurkan zakat mereka," jelasnya.

ZIS yang terkumpul, lanjut Hatim, disalurkan ke sejumlah wilayah Kota Makassar.

"Zakat ini kemudian akan disalurkan oleh BDI dan Bazma sesuai dengan ketentuan penerimanya termasuk bagi kaum duafa terdampak COVID-19," lanjutnya.

Sebagian zakat fitrah yang terkumpul langsung diserahkan ke anak panti asuhan, sebagian lain dititipkan ke amil zakat yang tersebar antara lain di Masjid Nur Ilham Smansa 81, Masjid Istiqomah Jalan Rajawali, Masjid Mutmainnah Qulub Jalan Garuda dan Masjid Nurul Haqqi Jalan Manunggal.

Selain itu, zakat fitrah juga diserahkan ke Panti Asuhan Mahdiyat Jalan BTN Minasa Upa dan Panti Asuhan Anugerah Jalan Badak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4393 seconds (0.1#10.140)