alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Kabupaten Enrekang Perkuat Kinerja Kearsipan Data

Aris Bafauzi
Bawaslu Kabupaten Enrekang Perkuat Kinerja Kearsipan Data
Sejumlah staf dari Bawaslu Enrekang saat berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disputaka). Foto: Istimewa

ENREKANG - Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Enrekang memboyong sejumlah staf ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disputaka), untuk meningkatkan kinerja dalam hal kearsipan data.

Ketua Bawaslu Enrekang Uli Nuha mengatakan, hal ini dilakukan untuk memperkuat kinerja dalam hal kearsipan data.

"Tentu kita ingin terus meningkatkan kinerja sebagai penyelenggara Pemilu. Yang mana data-data atau laporan kegiatan yang telah lewat tetap bisa tersimpan dengan baik. Hingga mudah dalam mengakses jika sewaktu-waktu dibutuhkan," ujar Uli.



Untuk itu, Uli meminta stafnya memanfaatkan waktu untuk bersungguh-sungguh belajar dan menanyakan proses penyimpanan data kepada staf Disputaka yang memandu mereka.

"Sangat penting, ada banyak data atau laporan selama melakukan pengawasan pemilu. Dan ini juga menjadi arsip Bawaslu, intinya kita memanfaatkan aplikasi penyimpanan dalam dunia digital seperti saat ini," tambahnya.

Irsan salah satu staf di Disputaka Enrekang mengapresiasi kedatangan pihak Bawaslu, menurutnya Bawaslu memang telah menjalankan Kearsipan dengan baik.

Hanya saja kata dia, mereka belum ke tahap penyimpanan digital.

"Udah merubah data dalam bentuk format pdf, cuma masih disimpan di penyimpan komputer, belum masuk sistem pencarian internet. Hingga perlu sistem otomatis atau aplikasi, karena dapat memudahkan temu balik dokumen atau berkas," ujar Irsan yang juga pustakawan terbaik Sulawesi Selatan 2019.

Selain belajar kearsipan cara penyimpanan data, Bawaslu juga mempelajari pengadaan perpustakaan di Kantor Bawaslu. Yang nantinya akan menyediakan buku-buku terkait Pemilu.



(agn)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook