27 dan 28 Mei Matahari Melintas di Atas Ka'bah, Kesempatan Cek Arah Kiblat

Selasa, 26 Mei 2020 - 18:55 WIB
loading...
27 dan 28 Mei Matahari Melintas di Atas Kabah, Kesempatan Cek Arah Kiblat
Matahari akan melintas tepat di atas Kabah pada 27 dan 28 Mei. Ini menjadi kesempatan umat Islam memeriksa arah kiblat. Foto: Kemenag
A A A
JAKARTA - Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kementerian Agama , Agus Salim menyampaikan, Rabu besok, matahari akan melintas di atas Ka'bah. Momentum tersebut juga akan terjadi Kamis (28/5/2020).

"Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 Wita. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka'bah," terang Agus Salim seperti dilansir dari laman Kemenag, Selasa (26/5/2020).

Agus mengatakan, peristiwa ini dikenal dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah. Di mana, waktu matahari di atas Ka'bah, membuat bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.



Fenomena ini, kata Agus, dapat digunakan umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya . Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat matahari berada di atas Ka'bah.

"Ada beberapa hal yang perlu diperhaikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yaitu: pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom," terang Agus.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)