alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pria yang Tabrak Pengguna Jalan Sambil Teriak Kafir Akan Diserahkan ke RS Jiwa

Faisal Mustafa
Pria yang Tabrak Pengguna Jalan Sambil Teriak Kafir Akan Diserahkan ke RS Jiwa
Baharuddin (telanjang dada) saat digiring oleh aparat kepolisian. Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Baharuddin (45), pria yang menabrak sejumlah pengendara di Jalan Urip Sumoharjo pada Selasa (25/2/2020) malam sambil berteriak kafir, rencananya akan diserahkan ke Rumah Sakit (RS) Jiwa Dadi Makassar.

Baharuddin akan diserahkan ke RS Jiwa setelah menjalani perawatan akibat dipukul warga. Saat ini, Baharuddin tengah dirawat di RS Bhayangkara Makassar.

"Kalau dia sudah kita obati trauma karena dihajar massa itu nanti kita kirim ke RS Jiwa lagi untuk asesmen di sana. Kira-kira setelah seminggu pulih dari trama pukulannya, kita langsung serahkan ke Rumah Sakit Dadi," ucap Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Kombes Pol dr Farid Amansyah saat dikonfirmasi lewat sambungan seluler, Rabu (26/2/2020).



Farid mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, Baharuddin mengidap gangguan jiwa akut. Kata Farid, pekerja swasta di Jeneponto itu pernah menjalani pengobatan psikiater di Jalan Monginsidi, Kota Makassar.

"Dia pernah berobat tiga tahun namun terputus, tidak rutin berobat di psikiater sehingga belakangan ini sering terjadi halusinasi pendengaran maupun halusinasi penglihatan. Sudah ditangani psikiater dan dokter bedah kita," kata Farid.

Farid menyayangkan keluarga Baharuddin nekat membawanya kemana-mana, padahal sudah tahu riwayat penyakitnya.

"Jadi pada waktu dia dari Jeneponto ke Makassar, dia (Baharuddin) sebenarnya tidak mengendarai mobil tapi ada yang sopiri, tapi di depan Graha Pena itu dia rebut (kemudi) dari sopir bahkan sopirnya disuruh turun. Entah bagaimana posisinya itu sehingga sopir menyerah. Dia datang ke Makassar sama sopir, ibu dan kedua anaknya. Datang ke Makassar untuk urusan keluarga tetapi dalam perjalanannya itu timbul gangguan jiwa akutnya," jelas Farid.

Menurut Farid, gangguan jiwa yang dialami Baharuddin cukup parah. Sayangnya pengobatan yang dia jalani tidak rutin.

"Kalau kita sebut dia itu gangguan kejiwaan atau psikosis akut. Psikosis kronis namanya. Karena tidak rutin berobat makanya kambuh. Makanya saya sampaikan ke keluarga bilang ibu tidak boleh begini. Kita tidak boleh berpindah tempat atau melakukan kegiatan di mana itu sangat berbahaya. Coba bayangkan itu kita bawa anak dua, mobil diserang massa, anak itu kan bisa saja trauma," beber Farid.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria bernama Baharuddin dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Kota Makassar setelah diamuk massa di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang tepat di pos lalu lintas eks tugu Adipura, Selasa (25/2/2020) sekitar pukul 21.30 Wita.

Baharuddin dipukuli karena terlibat tabrak lari di Jalan Urip Sumoharjo. (Baca juga: Pengemudi Mobil di Makassar Tabrak Pengguna Jalan Sambil Teriak Kafir)



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook