alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa Sekolah Islam Athirah Beradu Kebolehan di Pekan Budaya

Marhawanti Sehe
Siswa Sekolah Islam Athirah Beradu Kebolehan di Pekan Budaya
Sejumlah siswa mempertunjukkan tari Paduppa di Sekolah Islam Athirah, Makassar, Rabu (26/2/2020). Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe

MAKASSAR - Sekolah Islam Athirah menggelar Pekan Budaya di Sekolah Islam Athirah Bukti Baruga sejak tanggal 25 hingga 27 Februari 2020 besok. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan siswa pada kekayaan budaya nusantara.

Pekan budaya yang telah menjadi agenda sekali dalam setahun ini mengusung tema "Sambur limbur kulturasi era milenial". Kegiatan diikuti siswa TK, SD, SMP, dan SMA Athirah Bukit Baruga. Beragam lomba seni dan budaya mewarnai acara ini.

Kasubag Perencanaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar Syarifuddin dalam rilisnya kepada SINDOnews, Selasa (25/2/2020) mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.



"Kalau perlu kegiatan ini dirutinkan. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kalau bisa kita ajak sekolah Islam Athirah berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril mengatakan, Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Menurutnya, siswa Sekolah Islam Athirah mengenal budaya Indonesia akan menjadikannya pribadi yang lebih arif.

"Kalau kita mengenali budaya Indonesia, maka kita lebih arif. Semoga acara ini mengkolaborasikan budaya dan pendidikan," katanya.

Menariknya, di lokasi pekan budaya berdiri stan setiap kelas. Setiap stan menyediakan makanan khas, souvenir, dan poster beberapa provinsi atau suku yang ada di Indonesia. Tenan yang menampilkan display antara lain Bali, NTT, Papua, Suku Dayak, Suku Bugis, dan Suku Toraja.

Selain itu, para siswa-siswi dari berbagai ekstrakurikuler unjuk kebolehan di atas panggung. Mereka berasal dari ekstrakurikuler pramuka, paskibraka, tae kwon do, seni lukis. Tidak hanya itu, backdrop yang dipajang di panggung adalah hasil lukisan tangan dan tidak menggunakan bahan plastik.

Panitia kegiatan, Mursalim mengatakan, pekan budaya bertujuan untuk mengenal budaya dan suku bangsa yang ada di Indonesia. Selain itu, untuk melestarikan budaya nasional.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari oleh seluruh unit secara serentak yaitu TK, SD, SMP, dan SMA. Selain acara internal, di hari kedua panitia mengundang peserta dari luar Athirah untuk mengikuti lomba," ujar Mursalim.



(man)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook