alexametrics
TOPIK TERPOPULER

5 Langkah Mudah Menjaga Tubuh Tetap Sehat Usai Perayaan Lebaran

Diana Rafikasari
5 Langkah Mudah Menjaga Tubuh Tetap Sehat Usai Perayaan Lebaran
5 langkah menjaga tubuh tetap sehat usai perayaan lebaran. Foto: Ilustrasi/Owen Price/Istockphoto.com

JAKARTA - Berbagai jenis makanan seperti opor, rendang, sayur pepaya, sambal goreng kentang hingga ketupat jadi makanan yang biasanya hadir saat Idul Fitri atau Lebaran. Selain itu, biasanya tersedua juga berbagai hidangan kue kering.

Tersedia juga beragam pilihan minuman manis agar perayaan lebaran semakin semarak. Meski nikmat, hidangan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini tidak lain karena makanan dan minuman tersebut umumnya tinggi lemak, manis dan asin serta tinggi kalori.

Akibatnya, berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan kambuh setelah Lebaran. Sementara, mereka yang mengalami obesitas dan sudah mengalami penurunan berat badan karena puasa, berisiko tinggi mengalami kenaikan berat badan.



Baca juga: Cara Mudah Mendetoksifikasi Tubuh dengan Detoksifikasi Kaki

Karena itu, penting untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan setelah perayaan lebaran. Berikut 5 langkah mudah terbaik untuk kembali sehat setelah lebaran seperti dilansir dari Doctor NDTV.

1. Berikan waktu pada tubuh Anda untuk pulih dari konsumsi gula dan garam
Perayaan Lebaran terdiri dari makanan tinggi gula dan garam. Karena itu, perlu menekan tombol reset dan membiarkan tubuh Anda membuang kelebihan garam dan gula. Untuk ini, kurangi asupan gula dan garam selama minimal 3 hari.

2. Mengonsumsi sayuran
Setelah Lebaran, kurangi konsumsi daging dan konsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Coba jadikan makanan ini bagian terbesar dari diet Anda. Ini bertujuan untuk menambahkan makanan yang lebih bersih ke dalam diet dengan nilai gizi yang lebih tinggi.

3. Latihan secara perlahan
Anda mungkin merasa bahwa setelah Lebaran, harus lebih agresif dalam hal latihan. Tapi itu bukan cara yang tepat. Dalam beberapa hari pertama, Anda harus bersantai di gym. Mulailah olahraga secara perlahan dan bertahap. Pasalnya, langsung kembali latihan ke rutinitas seperti biasa bisa meningkatkan risiko sakit otot.

4. Minum banyak air
Minumlah banyak air, sekitar setengah dari berat badan Anda. Ini akan membantu menghilangkan semua racun dari tubuh dengan cara alami.

5. Timbang berat badan setelah seminggu
Perayaan Lebaran mungkin memberi Anda beberapa pound tambahan berat badan. Ikuti tips ini selama seminggu dan kemudian periksa berat badan Anda. Mengikuti langkah ini dapat membantu mengembalikan berat badan normal.



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak