alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Arafah, Tempat Paling Mustajab Melantunkan Doa

Sri S Syam
Arafah, Tempat Paling Mustajab Melantunkan Doa
Setiap tahunnya, sekitar 2.5 juta jemaah haji dari seluruh dunia berkumpul di Arafah untuk melakukan wukuf. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Setiap tahunnya, sekitar 2.5 juta jemaah haji dari seluruh dunia berkumpul di Arafah untuk melakukan wukuf. Wukuf merupakan puncak ibadah haji yang jatuh pada 9 Dzulhijah.

Padang Arafah sendiri diyakini sebagai salah satu dari beberapa tempat di dunia yang paling mustajab untuk melantunkan doa. Tak heran banyak para jemaah yang meningkatkan ibadahnya dengan berdoa, berzikir, dan membaca doa selama di Arafah.

Arafah merupakan gambaran Padang Mahsyar, yang nantinya semua makhluk dikumpulkan di sana sebelum melangkah ke surga atau neraka. Kehadiran kita di Arafah memberi arti dan nuansa akhirat dengan Mahsyarnya, sekaligus merenunginya untuk bersiap-siap menghadapi hal itu.



Allah SWT sangat memuliakan hari wukuf di Arafah. Hari itu, Allah mendekat sedekat-dekatnya kepada orang-orang yang wukuf di Arafah untuk mendengarkan ungkapan dan keluhan hati mereka, menatap dari dekat wajah dan perilaku mereka.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW "Ia (Allah SWT) mendekat kepada orang-orang yang di Arafah. Dengan bangga Ia bertanya kepada para malaikat, ‘Apa yang diinginkan oleh orang-orang yang sedang wukuf itu?’”

Pada hari itu, Allah senang sekali jika kita berdoa kepada-Nya. Ia mengabulkan semua doa mereka di sana.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook