Makassar Masih Zona Oranye, Uji Coba PTM Perlu Ekstra Hati-Hati

Rabu, 30 Juni 2021 - 09:50 WIB
loading...
Makassar Masih Zona Oranye, Uji Coba PTM Perlu Ekstra Hati-Hati
PTM mesti dikaji secara matang. Perlu kehati-hatian lebih, keselamatan peserta didik harus menjadi prioritas. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar ingin membuka aktivitas sekolah tatap muka pada Juli 2021 sepertinya harus tertunda. Pasalnya saat ini, Kota Makassar masih berstatus zona oranye .

Meski kasus baru positif Covid-19 di Kota Makassar cenderung menurun, namun rencana pembelajaran tatap muka ( PTM ) mesti dikaji secara matang. Perlu kehati-hatian lebih, keselamatan peserta didik harus menjadi prioritas.

Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir secara tegas mengatakan rekomendasi uji coba pembelajaran tatap muka bisa saja tidak dikeluarkan. Itu jika kasus positif di Kota Makassar terus meningkat. Statusnya cenderung menuju zona merah.

Namun jika kasus Covid-19 cenderung turun atau dari zona oranye ke zona hijau, maka pihaknya akan merekomendasikan agar belajar tatap muka tetap dilaksanakan seperti rencana awal.



"Kalau statusnya dari zona oranye menuju merah, maka kami akan merekomendasikan untuk tidak dilanjutkan PTM. Tapi kalau dia, oranye menuju zona hijau kita rekomendasikan untuk dilaksanakan PTM dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," kata Wahab, Selasa (29/6/2021).

Meski diakui sistem pembalajaran jarak jauh (PPJ) atau online tidak maksimal, namun dia tidak bisa memaksakan kehendak untuk dilakukan sekolah tatap muka.

Karena menurut dia, yang paling paham terkait persiapan sekolah tatap muka secara teknis adalah Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar. Jika pun nanti aktivitas belajar tatap muka dibolehkan, legislator Partai Golkar itu mengimbau tidak ada kerumuman di sekolah.

"Beri kesempatan kepada Pemkot Makassar untuk mengatur (persiapan tatap muka), karena ini virus ini tidak kelihatan. Tidak kasat mata, potensi ada penyebaran, inkubasinya juga 14 hari. Jadi, kalau sampai Juli nanti statusnya menuju hijau kita uji coba, tapi kalau sebaliknya kita setop," ungkap dia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1760 seconds (0.1#10.140)