alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PTN dan PTS se-Sulawesi Ikuti Lomba Akuntansi PEDATI UNM

Tim Sindonews
PTN dan PTS se-Sulawesi Ikuti Lomba Akuntansi PEDATI UNM
Sejumlah peserta Pekan Dinamika Akuntansi (PEDATI) Part VI UNM swafoto di sela-sela kegiatan. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA AKSI) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (FE UNM) kembali menggelar Pekan Dinamika Akuntansi (PEDATI) Part VI.

PEDATI Part VI ini merupakan program tahunan HIMA AKSI yang di dalamnya terdapat dua item kegiatan, yakni lomba Akuntansi Mahasiswa se-Sulawesi dan Seminar Nasional bertemakan “Kolaborasi Ekonom Milenial dalam Menghadapi SDGs 2030”.

Kegiatan ini resmi dibuka Rabu (26/2/2020) kemarin oleh Kepala Bagian Kesejaheraaan Pelayanan Dasar, Biro Kesejahteraan Rakyat Sekda Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Hasnul.



Andi Hasnul dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku, pihak Pemprov sangat mengapresiasi kegiatan ini sebab PEDATI merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

"Kami dari Pemprov Sulsel sangat mendukung kegiatan ini sebab memiliki komitmen yang sama dengan pihak Pemprov Sulsel dalam hal untuk membangun manusia yang kompetitif, inklusif, produktif dan berkarakter," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima SINDOnews.

"Terlebih lagi salah satu item kegiatan PEDATI yakni lomba Akuntansi diikuti oleh seluruh PTS dan PTN se-Sulawesi," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pantia PEDATI Part VI, Muhammad Thoriq saat ditemui di sela-sela berlangsungnya lomba mengatakan, ada 20 tim yang lolos di babak elimination stage.

Kata dia, ke-20 tim yang lolos merupakan peraih skor tertinggi di tahap seleksi elimination stage atau pengerjaan soal secara online dengan batasan waktu tertentu untuk menjawab.

“Jadi ke-20 tim inilah yang berhak maju ke babak selanjutnya untuk mengikuti tahapan lomba hingga sampai pada tahapan empat besar di babak grand final atau debate contest,” ujarnya saat ditemui di Ballroom Phinisi UNM, Kamis (27/2/2020).

Mahasiswa angkatan 2018 ini mengatakan, ke-20 tim tersebut berasal dari 11 kampus perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Sulawesi.

Di antaranya, Universitas Negeri Gorontalo (1 tim), Universitas Hasanuddin (1 tim), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (3 tim), Universitas Kristen Indonesia Paulus (2 tim) dan Politeknik Negeri Ujung Pandang (4 tim).

Kemudian Universitas Katolik De La Salle Manado (1 tim), STIE Wira Bhakti Makassar (1 tim), Universitas Muhammadiyah Buton (2 tim), Universitas Bosowa (2 tim), Universitas Fajar (1 tim) dan STIE Darma Nusantara (2 tim).

Adapun total hadiah yang diperebutkan berjumlah Rp11 Juta Rupiah. Juara pertama Rp5.000.000, kedua Rp3.000.000, ketiga Rp2.000.000 dan harapan I Rp1.000.000.

“Kegiatan ini bukan hanya fokus pada kompetisi lomba namun juga sebagai ajang silaturahmi sesama mahasiswa akuntansi yang ada di Sulawesi,” tuturnya.

Ketua Umum HIMA AKSI FE UNM, Awaluddin berharap kegiatan ini dapat direspons baik oleh pihak kampus karena antusiasme peserta setiap tahunnya sangat baik terhadap PEDATI.

Kata dia, di PEDATI yang ke-6 ini peserta dari luar Sulsel terus bertambah. Hal ini membuktikan PEDATI tidak hanya dikenal di Sulsel namun sudah diketahui mayoritas mahasiswa akuntansi se-Sulawesi.

“Besar harapan kami pihak Pemerintah baik kota maupun Provinsi bisa mendukung kegiatan tahunan yang kami selenggarakan ini. Sebab, kemungkinan kegiatan ini akan kami perluas skalanya menjadi se-Indonesia,” tutupnya.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook