4 Bahan Dasar Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Minggu, 04 Juli 2021 - 09:19 WIB
loading...
4 Bahan Dasar Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Paru-Paru
Jika terjadi infeksi pada paru-paru, tubuh rentan mengalami resiko penyakit berbahaya. Foto: Freepik
A A A
JAKARTA - Paru-paru adalah salah satu organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya. Jika terjadi infeksi pada paru-paru, tubuh rentan mengalami resiko penyakit berbahaya.

Hal itu karena paru-paru memberi peran penting dalam membantu fungsi organ tubuh bekerja dengan baik. Untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda perlu melakukan olahraga teratur dan makan makanan sehat.

Makanan-makanan sehat yang baik untuk paru-paru tidak hanya sayur dan buah-buahan, tetapi juga bahan-bahan makanan tertentu. Apa saja ya? Berikut detailnya, seperti disitat dari laman Food NDTV.

1. Jahe

Jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasi. Namun selain itu, jahe juga membantu detoksifikasi dan menyingkirkan polutan dari paru-paru. Mengonsumsi jahe dapat membantu mengurangi adanya sumbatan di saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru, lebih jauh lagi, jahe bisa meningkatkan kesehatan paru-paru Anda.



2. Bawang putih

Bawang putih terdiri dari flavonoid. Kandungan tersebut merangsang produksi glutathione yang membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengempas racun dan karsinogen. Bawang putih secara umum juga dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

3. Kunyit

Selanjutnya ada kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa kurkumin pada kunyit membantu meredakan peradangan saluran udara dan sesak dada yang berhubungan dengan asma.

4. Cabai

Siapa yang tidak suka pedas? Kabar baik bagi pencinta pedas, karena cabai diketahui baik untuk kesehatan paru-paru. Cabai mengandung capsaicin yang membantu merangsang sekresi dan melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan atas dan bawah.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)