Perlu Regulasi Khusus Urai Kerumunan Saat Penyembelihan Hewan Kurban

Senin, 05 Juli 2021 - 07:43 WIB
loading...
Perlu Regulasi Khusus Urai Kerumunan Saat Penyembelihan Hewan Kurban
Petugas sedang memeriksa kesehatan hewan kurban. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Wakil Ketua Komisi B DPRD Makassar , Andi Hadi Ibrahim Baso meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk menyiapkan regulasi khusus saat penyembelihan hewan kurban.

Apalagi Kota Makassar masih berstatus zona oranye . Resiko sedang menyebaran Covid-19. Sehingga potensi terjadinya kerumunan saat penyembelihan perlu diantisipasi.

"Seperti tahun lalu bagus diperluas perbanyak titik-titik penyembelihan agar tidak terjadi kerumunan. Kalau bisa mengacu pada protokol kesehatan yang ada," kata Andi Hadi, Minggu (4/7/2021).

Bukan hanya pada saat penyembelihan, legislator PKS itu juga meminta pemerintah kota menyiapkan skema pembagian daging. Sebab dikhawatirkan pada saat pembagian justru memicu terjadinya kerumunan.



"Jadi pintar-pintarnya panitia bagaimana mengatur pemotongan hewan kurban di lokasi setelah salat Id Adha. Apalagi kan kadang banyak masyarakat yang menonton," ujar dia.

Saat pembagian daging, Hadi juga menyarankan agar panitia kurban mendata ulang masyarakat yang berhak menerima daging kurban.

Selain untuk mencegah terjadinya kerumunan, juga untuk memastikan mereka yang menerima daging kurban adalah orang yang berhak. Itu juga berlaku untuk seluruh panitia kurban, baik yang di masjid ataupun di lingkup pemerintah.

Andi Hadi juga meminta tenaga kesehatan yang diturunkan teliti dan memastikan kelaikan hewan yang disembelih. Bebas penyakit dan tidak ada cacat satu pun. Misal, mata katarak.

"Ini masalah teknis saja, bagaimana pemerintah bersama panitia masjid bisa bersinergi. Sama-sama mencari solusi karena jalan keluarnya adalah kekompakan di dalam mematuhi protokol kesehatan yang ada," pungkas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.4073 seconds (0.1#10.140)