WHO Peringatkan Peningkatan Penyebaran Virus Corona di Amerika Latin

Rabu, 27 Mei 2020 - 09:09 WIB
loading...
WHO Peringatkan Peningkatan Penyebaran Virus Corona di Amerika Latin
WHO memperingatkan peningkatan virus corona di Amerika Latin. Foto: Ilustrasi
A A A
BRASILIA - World Health Organization (WHO) regional Amerika Latin, telah memperingatkan bahwa Virus Corona baru masih akan meningkat di wilayah tersebut seperti Brasil, Peru, Chili, El Salvador, Guatemala dan Nikaragua.

Itu setelah Amerika Latin menjadi pusat pandemi global yang baru dengan peningkatan kasus yang signifikan.

Carissa Etienne, Direktur WHO untuk Amerika dan kepala Pan American Health Organisation (PAHO), mengatakan bahwa Brasil pekan lalu melaporkan jumlah kasus virus corona baru yang tertinggi untuk periode tujuh hari sejak wabah pertama kali mencapai negara lebih dari 209 juta.

Sampai saat ini, Brasil telah mengkonfirmasi hampir 375.000 kasus, nomor dua setelah Amerika Serikat. Setidaknya 23.473 orang telah meninggal karena COVID-19 , penyakit yang disebabkan oleh virus, pada hari Selasa, menurut penghitungan Universitas Johns Hopkins. Presiden Brasil Jair Bolsonaro secara terbuka memusuhi pembatasan coronavirus.



Tingkat kematian harian Brasil menjadi yang tertinggi di dunia pada hari Senin dan sebuah studi Universitas Washington telah memperingatkan bahwa jumlah total korban tewas negara itu, bisa naik lima kali lipat menjadi 125.000 pada awal Agustus.

"Wilayah kami telah menjadi pusat pandemi COVID-19 ," kata Etienne, Direktur PAHO dan lainnya memperingatkan ada minggu-minggu "yang sangat sulit" untuk kawasan itu dan Brasil masih harus menempuh jalan panjang sebelum melihat pandemi berakhir.

Benua Amerika telah mendaftarkan lebih dari 2,4 juta kasus Virus Corona baru dan lebih dari 143.000 kematian akibat penyakit pernapasan COVID-19 .

"Amerika Latin telah melewati Eropa dan Amerika Serikat dalam infeksi perhari," katanya.

"Baik Peru dan Chili juga melaporkan insiden tinggi, tanda bahwa transmisi masih meningkat di negara-negara ini," kata Etienne pada briefing mingguan virtual yang dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (27/05/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)