PPKM Mikro, Salat Iduladha Bakal Digelar di Ruang Terbuka

Rabu, 07 Juli 2021 - 09:31 WIB
loading...
PPKM Mikro, Salat Iduladha Bakal Digelar di Ruang Terbuka
Pelaksanaan Salat Iduladha dipastikan akan tetap digelar. Tapi di ruang terbuka, misalnya di lapangan atau di jalan. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kota Makassar mulai berlaku 6 Juli. Salah satu poin yang ditekankan dalam aturan tersebut, pelaksanaan ibadah di masjid ditiadakan. Masyarakat diimbau melakukan ibadah di rumah masing-masing.

Meski demikian, pelaksanaan Salat Iduladha dipastikan akan tetap digelar. Tapi di ruang terbuka, misalnya di lapangan atau di jalan. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Makassar , Muhammad Syarif.

Dia mengatakan, aktivitas ibadah salat Iduladha dipastikan tak berbeda jauh dengan salat Idulfitri 1442 Hijriah lalu.

Diketahui, pelaksanaan ibadah secara umum tertuang di dalam edaran Nomor 443.01/334/ S.Edar/Kesbangpol/VII/2021 tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Kota Makassar, dimana dalam poin ke 7 pelaksanaan ibadah pada tempat ibadah telah ditiadakan.



"Salat Id ini kan selalu memang kita rayakan itu. Jadi perlu persiapan secara matang. Pada prinsipnya Insyaallah ini dilaksanakan di tempat terbuka, walau mungkin tidak bisa lagi di masjid, jadi memang masih dimungkinkan kita melaksanakan," ujarnya.

Sebagian besar prosedur pelaksanaan juga akan melibatkan para pegawai untuk memantau langsung pelaksanaan protokol di sejumlah titik yang ditentukan. Termasuk waktu khutbah, hingga pemotongan hewan yang harus dilakukan sehari setelah Salat Id.

Untuk menjamin pelaksanaan tetap aman, Syarif mengharapkan kerja sama yang baik dari masyatakat. Apalagi, kata dia, perhelatan salat Idulfitri lalu cukup berhasil dengan minimnya peningkatan kasus.

Sementara itu Wali Kota Makassar , Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto berencana akan menurunkan tim detektor untuk mensurvei kondisi tiap RT.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)