Kelola Stres hingga Kecemasan, Vitamin dan Mineral Ini Bisa Membantu

Kamis, 08 Juli 2021 - 08:30 WIB
loading...
Kelola Stres hingga Kecemasan, Vitamin dan Mineral Ini Bisa Membantu
Otak membutuhkan vitamin agar berfungsi secara efektif. Mereka berdampak besar pada kesehatan mental. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Ahli Gizi Manisha Chopra, mengungkapkan otak membutuhkan vitamin dan mineral agar berfungsi secara efektif. Mereka berdampak besar pada kesehatan mental. Jika tubuh kekurangan vitamin, berpotensi mengalami masalah neurologis dan masalah yang berkaitan dengan kesehatan emosional.

Menurut dia, untuk mengelola stres, depresi hingga kecemasan, ada beberapa vitamin dan mineral yang diketahui dapat membantu mengatasi stres dan rasa cemas.

“Vitamin dan mineral dapat membantu Anda mengelola berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan mental seperti depresi, stres, kecemasan, dan bahkan perubahan suasana hati. Mereka juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan otak," jelas Chopra.

Berikut tujuh vitamin dan mineral yang dapat membantu mengatasi stres dan cemas dilansir dari Healthshots.



1. Vitamin B

Telur, polong-polongan, produk susu, sayuran berdaun, biji-bijian dan daging kaya akan vitamin B . Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi vitamin ini saat perut kosong di pagi hari sebanyak 2,4 mcg per hari. Vitamin B membantu menyeimbangkan kadar gula darah, yang pada akhirnya mengurangi kecemasan. Ini juga berperan dalam sintesis serotonin, yang membantu mengurangi depresi dan kecemasan.

2. Vitamin D

Sinar matahari, kuning telur, ikan berminyak dan daging merah mengandung vitamin D . Vitamin jenis ini idealnya dikonsumsi sebanyak 1000-2000 IU per hari. Vitamin D membantu otak tetap sehat, dan juga mengurangi kemungkinan terkena penyakit mental. Vitamin ini mengandung biokimia seperti hormon, yang membantu mempertahankan fungsi otak.

3. Vitamin C
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)