TOPIK TERPOPULER

Polda Sulsel Klaim Gerai Vaksin Presisi Efektif Capai Target Vaksinasi Nasional

Faisal Mustafa
Polda Sulsel Klaim Gerai Vaksin Presisi Efektif Capai Target Vaksinasi Nasional
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam saat meninjau vaksinasi di gerai vaksin presisi dafest Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (9/7). Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan mengklaim kehadiran gerai vaksin presisi efektif untuk mewujudkan target vaksinasi Covid-19 nasional. Itu tercermin dari antusiasme masyarakat dan jumlah dosis yang dihabiskan.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam mengatakan, dari 83 ribu vaksin yang diberikan pemerintah pusat sebagai target, kini sudah lebih 95 persen terpakai dan diterima masyarakat. Di Sulsel, terdapat 293 gerai vaksin yang didirikan Polres dan Polsek jajaran Polda.

Baca juga: Polres Gowa Buka Gerai Vaksinasi di Pasar dan Klinik Bhayangkara

"Sudah 81 ribu yang telah terpakai, jadi kita akan meminta lagi vaksin di pusat untuk pelaksanaan vaksin selanjutnya. Jadi kita sudah memenuhi target yang diberikan Presiden," kata Merdisyam saat meninjau vaksinasi di gerai vaksin presisi dafest, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (9/7).

Dia menyatakan proses vaksinasi akan terus berlangsung sampai Agustus. "Nanti mulai bulan depan akan ditingkatkan target vaksin dari 1 juta setiap hari menjadi 2 juta perhari. Tentunya ini semua berkat kerja sama dengan TNI dan pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan," ucap Merdisyam.

Baca juga: Indonesia Dapat Bantuan Australia dan Jepang untuk Vaksin Kelompok Anak

Jenderal bintang dua ini berharap kepada masyarakat yang telah menerima vaksin agar tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas.

"Kuncinya adalah disiplin masyarakat dalam patuhi 5 M untuk menangkal penyebaran Covid-19 ini dan pada setiap kesempatan agar selalu melakukan 3T yaitu testing atau tes, tracing atau pelacakan dan treatment atau penanganan," imbau Merdisyam.

Baca juga: Parkiran PJU Polsek Ujung Pandang Disulap Jadi Gerai Vaksin Presisi

Di sisi lain, Merdisyam menyatakan telah memerintahkan Kapolres sejajaran untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait pelaksanaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di wilayah hukumnya.

"Meningkatkan kegiatan rutin, operasi yustisi dan gencar melakukan vaksinasi biarpun hari libur. Kita punya 1.600 Bhabinkamtibmas yang berfungsi untuk melakukan pelacakan dengan bekerja sama dengan stakeholder lainnya. Kita berharap ini bisa tertangani dengan baik," tukasnya.



(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!