Pengangkatan Jajaran Direksi Perusda Maros Disoroti

Sabtu, 10 Juli 2021 - 08:12 WIB
loading...
Pengangkatan Jajaran Direksi Perusda Maros Disoroti
Pelantikan jajaran direksi PT Bumi Sejahtera yang dilakukan Bupati Maros, Chaidir Syam. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Sejumlah aktivis pemuda dan mahasiswa menyoroti proses pengangkatan direksi Perusahaan Daerah, PT Bumi Sejahtera yang baru saja dilantik oleh Bupati Maros, Chaidir Syam.

Salah satunya dari presidium Koalisi Pemuda dan Mahasiswa Maros, Geofany Firmansyah yang mempertanyakan dasar hukum Pemkab Maros mengangkat direksi BUMD tanpa melalui pengujian dan seleksi terlebih dahulu.



"Kami mempertanyakan apa dasar pemkab dalam proses pengakatan direksi. Kok terkesan tiba-tiba tanpa ada test and propertest sebelumnya," katanya, Jumat (09/07) kemarin.

Lebih lanjut, Geofany juga mempertanyakan latar belakang direksi yang ia nilai tidak memiliki latar belakang bisnis yang telah teruji mampu bertahan, terlebih saat ini di tengah pandemi.

"Yah kami tahu Direktur Utamanya Pak Hermanto Syahrul itu memang mantan anggota DPRD dan pemain sepak bola. Tapi latar belakangnya kami tahu tidak ada ke bisnis lebih spesifik," ujarnya.

Selain menyoroti direksi, Geofany juga mempertanyakan prospek bisnis yang akan dikembangkan BUMD baru itu. Pasalnya, di sejumlah Kabupaten justru malah menghapus BUMD mereka karena dianggap tidak efektif dan justru malah membebani anggaran.

"Kita tahu di zaman bupati sebelumnya, BUMD semua dihapus kecuali PDAM. Nah dengan BUMD baru ini, apa prospek bisnis yang akan dijalankan. Karena setahu saya ini tidak dikaji dulu dan terlalu terburu-buru," sebutnya.



Ketua Komisi II DPRD Maros , Amran mengatakan, pihaknya tidak tahu menahu persoalan pengangkatan direksi BUMD karena memang tidak dikonsultasikan. DPRD selama ini hanya membuat aturan terkait penyertaan modal ke BUMD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)