TOPIK TERPOPULER

Tanah Amblas di Luwu Nyaris Putus Jalan Trans Sulawesi

Chaeruddin
Tanah Amblas di Luwu Nyaris Putus Jalan Trans Sulawesi
Tanah amblas yang terjadi di Desa Salu Paremang, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, Selasa (13/7) siang. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Fenomena tanah amblas atau tanah bergerak terjadi di Desa Salu Paremang, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, Selasa, (13/7) pagi.

Fenomena alam ini menyebabkan terbelahnya tanah yang diperkirakan mencapai panjang 50 meter. Titik kejadian tepat di jalan poros trans Sulawesi, sehingga membelah bahu jalan dan menyebabkan aspal retak.

Baca juga: Jalan Penghubung Simalungun-Tanah Karo Amblas, Kendaraan Terpaksa Antri Melintas

Beruntung kejadian ini tidak menyebabkan korban jiwa. Pascakejadian, Satlantas Polres Luwu langsung melakukan pengaturan lalu lintas satu jalur guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Informasi yang dihimpun SINDOnews, tanah amblas dan terbelah ini terjadi sekitar pukul 07.00 Wita. Kepala Desa Salu Paremang, Sarmang, kepada sejumlah wartawan menyebutkan lebar tanah yang terbelah hampir 1 meter.
Tanah Amblas di Luwu Nyaris Putus Jalan Trans Sulawesi
"Kejadiannya sekitar pukul 07.00 Wita, tidak ada tanda tanda banjir besar, hujan memang tapi hanya gerimis, tidak deras. Warga saya heboh, ternyata ada kejadian tanah amblas dan terbelah," ujarnya.



"Seperti yang kita lihat lokasinya hanya beberapa meter dari sungai besar di Kamanre atau Sungai Paremang. Dan ini membelah bahu jalan, bahkan kondisinya ada aspal yang retak. Lebar tanah yang retak ada sekitar 70 sentimeter," lanjut Sarmang.

Data yang dihimpun SINDOnews menyebutkan, area yang mengalami fenomena tanah amblas ini hanya sekitar 7 sampai 10 meter dari sungai besar di Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu.

Baca juga: 95 Rumah Rusak, Sebagian Miring Akibat Tanah Gerak dan Longsor di Pekalongan

Sebelumnya, tanah di sekitar ini juga pernah amblas dan tergerus akibat luapan air banjir. Sehingga pemerintah melakukan penguatan tebing di area ini.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!