Pembangunan SPN Polda Sulsel di Kabupaten Maros Mulai Dilakukan

Rabu, 14 Juli 2021 - 17:09 WIB
loading...
Pembangunan SPN Polda Sulsel di Kabupaten Maros Mulai Dilakukan
Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam melakukan peletakan batu pertama pembangunan SPN di Maros. Foto: Sindonews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulawesi Selatan terletak di Dusun Tala-tala, Desa Bontomomanai, Kecamatan Tompobulu, Maros, resmi dimulai pada Rabu, (14/07/2021).

Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam. SPN Polda Sulsel itu, rencananya akan didirikan di lahan seluas 37 hektare di Kawasan Hutan Tompobulu dengan berbagai fasilitas di dalamnya, mulai dari asrama hingga sarana olahraga dan pelatihan siswa.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam mengatakan, jika pembangunan SPN itu bisa berjalan sesuai konsep awalnya, maka bisa dipastikan, SPN Polda Sulsel yang akan terbangun itu akan menjadi SPN terbaik di Seluruh Indonesia.



“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulsel atas kepercayaannya kepada kami dengan memberikan bantuan hibah lahan seluas 37 hektare untuk pembangunan SPN Polda Sulsel. Ini yang akan menjadi SPN terbesar di Indonesia,” kata Kapoda Sulsel, Merdisyam.

Merdi menjelaskan, pembangunan SPN itu menggunakan dana Dipa tahun 2021 sebesar Rp 52 miliar. Ia berharap dana itu berkesinambungan sampai tahun 2022. Selain SPN, rencananya di kawasan itu juga akan dibangun pelatihan Brimob di lahan seluas 37 hektare.

“Konsep awalnya memang diajukan untuk daerah latihan Brimob karena medannya. Tapi karena kebutuhan pengembangan SPN juga mendesak, makanya kita bagi dua. 37 hektare untuk SPN dan 37 juga untuk latihan Brimob,” lanjutnya.

Dengan pembangunan SPN dan pelatihan Brimob di kawasan itu, diharapkan wilayah tersebut akan berkembang menjadi kawasan baru untuk peningkatan ekonomi warga di sekitarnya.



“Pembangunan ini kita harap bisa memberikan kontribusi positif ke wilayah ini dengan perkembangan ekonomi di daerah ini. Kita bisa lihat medannya ini masih hutan semua, kita harap setelah dibangun bisa berkembang,” sebutnya.

Selain pembangunan SPN dan juga Pelatihan Brimob , di kawasan itu juga rencananya akan dibangun sebuah Lembaga Pemasyarakatan (LP) di lahan seluas 20 hektare yang juga merupakan hibah dari Pemprov Sulsel.

“Rencana awalnya juga di kawasan ini akan dibangun Lembaga Pemasyarakatan seluas 20 hektare. Kalau ini semua terbangun, kami yakin kawasan ini akan berkembang pesat seperti pengembangan kawasan lainnya,” pungkas Merdi.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)