Penggiat Literasi Ikuti Bimtek untuk Dukung Pelestarian Naskah Kuno

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:56 WIB
loading...
Penggiat Literasi Ikuti Bimtek untuk Dukung Pelestarian Naskah Kuno
Bupati Maros AS Chaidir Syam menghadiri pembukaan bimtek pelestarian naskah kuno di Aula Mini Perpustakaan Daerah Maros, Kamis (15/07/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusarda) Kabupaten Maros , menggelar bimbingan teknis pelestarian naskah kuno milik daerah di Aula Mini Perpustakaan Daerah Maros, Kamis (15/07/2021).

Penyelenggaraan bimbingan teknis ini memiliki dasar yakni UU nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan serta peraturan Bupati Maros nomor 84 tahun 2016 tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Perpusarda.

Bupati Maros AS Chaidir Syam mengatakan, seluruh petugas pelestarian dan dokumentasi milik daerah diharuskan mengikuti bimtek tersebut. Karena sebagai penopang peradaban bangsa, bimbingan ini bertujuan menumbuhkan kesadaran pentingnya preservasi naskah kuno bagi pemerhati dan penulis, juga untuk menumbuh kembangkan rasa peduli dan memiliki masyarakat juga pemerintah daerah terhadap naskah kuno.



Chaidir Syam menambahkan, ini merupakan kesempatan bagi peserta untuk memanfaatkan dengan baik bimtek. Apalagi kata dia, pemateri yang hadir bukan pemateri biasa, pemateri ini adalah orang yang telah terjun selama 10 tahun dalam pelestarian naskah kuno.

"Pemateri yang akan sharing dengan peserta adalah orang yang telah menyelamatkan sekitar 400 naskah kuno di Kabupaten Maros," ungkap Chaidir.

Menurutnya, pelestarian naskah kuno adalah hal yang luar biasa. Maros ini adalah kabupaten yang punya peradaban luar biasa terlebih dengan temuan lukisan yang menghebohkan dunia.

"Lukisan yang ditemukan adalah lukisan yang berumur 45.500 tahun yang lalu, ini menunjukkan bahwa peradaban kita di kabupaten Maros sudah lebih terdahulu dibanding beberapa daerah di dunia," jelas Chaidir

Memandang ini semua, Chaidir merasa pelestarian naskah kuno harus diiringi dengan kemampuan akademis, sehingga naskah-naskah ini bisa lebih otentik dan jelas.



Sementara itu, Ketua Panitia Jamaluddin melaporkan, total peserta yang hadir sebanyak 30 orang. "Peserta yang hadir berasal dari komunitas penulis, penggiat literasi dan pemerhati sejarah dan budaya dengan banyak peserta ialah 30 orang," jelas Jamaluddin.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)