alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Pantau Penyaluran, Ketua DPRD Tana Toraja Ingin Pastikan BLT Sampai ke Penerima

Joni Lembang
Pantau Penyaluran, Ketua DPRD Tana Toraja Ingin Pastikan BLT Sampai ke Penerima
Ketua DPRD bersama anggota DPRD Dapil III menyerahkan BLT dana desa kepada warga penyandang disabilitas di desa Buakayu. Foto: SINDOnews/Joni Lembang

TANA TORAJA - Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi selaku Tim Pengarah Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tana Toraja, memantau penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa tahap pertama di Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Rabu (27/5/2020).

"Pemantauan ini untuk melihat sejauh mana aparat desa menjalankan amanat Kementerian Desa menyalurkan dana desa kepada masyarakat terdampak COVID-19," ujar Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.

Welem mengapresiasi kesiapan aparat Desa Buakayu dalam menyalurkan BLT yang dipusatkan di kantor Desa Buakayu. Berdasarkan pemantauan di lapangan, penyaluran BLT di Desa Buakayu berjalan lancar. Bahkan, beberapa warga penyandang disabilitas juga masuk dalam daftar penerima bantuan.



Begitu juga warga penerima yang berhalangan hadir menerima BLT dana desa di kantor lembang, aparat desa mengantarkan langsung ke rumah yang bersangkutan. Diharapkan, dengan BLT ini, dapat meringankan beban masyarakat miskin dan terdampak pandemi COVID-19.

"Semoga pandemi corona ini dapat segera berakhir, dan kehidupan kembali normal,” kata Welem.

Penyaluran BLT di Desa Buakayu juga dipantau sejumlah anggota DPRD Tana Toraja daerah pemilihan (dapil) III, meliputi kecamatan Bonggakaradeng, Rano, Mappak dan Simbuang. Di antaranya, Agustinus Patinggi dan Aser Pakabu.

"Kami selaku anggota dewan menjalankan tugas untuk mengawasi proses penyaluran BLT dana desa ke masyarakat,” kata anggota DPRD Tana Toraja, Agustinus Patinggi.

Kepala Desa Buakayu, Jhonlie Sandakila mengatakan jumlah penerima BLT di wilayahnya sebanyak 136 orang.

"Penentuan dan penetapan penerima BLT dana desa transparan karena melibatkan semua pihak. Termasuk melibatkan aparat kemanan dari TNI/Polri dan pendamping desa," katanya.



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak