Dinas PKP Parepare Pastikan Ratusan Hewan Ternak Layak Kurban

Kamis, 15 Juli 2021 - 16:45 WIB
loading...
Dinas PKP Parepare Pastikan Ratusan Hewan Ternak Layak Kurban
Dinas PKP Kota Parepare memeriksa kesehatan ternak yang akan dijadikan hewan kurban saat Idul Adha. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Jelang Idul Adha , Dinas Pertanian, Kehutanan dan Peternakan (PKP) Kota Parepare mulai menyisir sejumlah tempat penjualan hewan kurban untuk melakukan pemeriksaan kelayakan. Salah satu lokasi yang didatangi berada di KM 5 Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Kamis (15/7).

Kepala Dinas PKP Parepare, Wildana mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kelayakan hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha nanti.

Baca Juga: hewan kurban
“Untuk sapi sebanyak 728 ekor dan kambing 27 ekor. Bobotnya rata-rata 80 sampai 150 per ekor. Semuanya sehat, dan memenuhi syarat," papar Wildana.

Selain pemeriksaan, tambah Wildana, pihaknya juga menerbitkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) langsung di lokasi hewan ternak sebagai bukti hewan tersebut layak kurban.

Baca Juga: hewan kurban
Terkait hal itu, untuk kelayakan konsumsi hewan yang akan dikurbankan, tambah Wildana, masyarakat yang akan berkurban, diimbau memperhatikan SKKH yang wajib dikantongi penjual.

"Kami mengharapkan kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban supaya betul-betul memperhatikan SKKH sebagai bukti bahwa hewan tersebut layak untuk dikurbankan,” imbaunya.

Baca Juga: hewan kurban
"Tentunya tidak cacat baik mata, organ tubuh, tidak pincang, tidak buntung dan tidak buta, itu semuanya kita periksa. Jadi kalau sudah memenuhi persyaratan itu baru kita terbitkan secara langsung berupa SKKH, bahwa hewan tersebut layak untuk dikonsumsi,” Nurdin menguraikan.

Baca Juga: hewan kurban

Lihat Juga: Sasar 6.351 Mustahik di Bontang, BPUI Salurkan 146 Hewan Kurban
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)