TOPIK TERPOPULER

Kasus Covid-19 Diprediksi Meningkat Usai Idul Adha

iNews.id
Kasus Covid-19 Diprediksi Meningkat Usai Idul Adha
Petugas kesehatan tengan melakukan rapid test. Foto: SINDOnews/Dok

MAKASSAR - Kasus Covid-19 di Sulsel diprediksi meningkat usai Idul Adha. Prediksi ini disampaikan Ahli Epidemiolog dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Ridwan Amiruddin.

Prediksi tersebut berkaca pada penelusuran kontak erat yang hanya berada di angka 1:3 terhadap kasus positif Covid-19 di masyarakat.

Baca juga: Jokowi Ajak Berdoa dan Bertakbir Agar Pandemi Segera Berlalu

"Padahal sebaiknya dilakukan di angka 1:30 atau minimal 1:15 untuk bisa membendung laju kasus," kata Prof Ridwan di Kota Makassar, Sulsel, Senin (19/7/2021).

Ia meminta Satgas Covid-19 bersama pemerintah daerah lebih intensif dalam penerapan testing, tracing dan treatment. "Sekarang lebih fokus pada program treatment saja, orientasinya masuk di rumah sakit, sementara membendung kasus di luar itu tidak berjalan maksimal," katanya.



Baca juga: Pemkab Luwu Utara Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19

Menurut Ridwan, hal ini menunjukkan kegiatan tracing tidak berjalan dengan baik, sehingga harus dibenahi. Kondisi ini akan berpengaruh pada penambahan kasus Covid-19 di Sulsel usai Idul Adha.

"Jadi pertambahan kasus yang terjadi sekarang ini untuk Sulsel itu dengan pertambahan sekitar 500 kasus per hari akan terus bertambah, bahkan sesudah Idul Adha," katanya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!