Bupati Gowa Sampaikan LKPJ 2019 ke DPRD Via Konferensi Video

Rabu, 27 Mei 2020 - 22:30 WIB
loading...
Bupati Gowa Sampaikan LKPJ 2019 ke DPRD Via Konferensi Video
Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyampaikan LKPJ 2019 ke DPRD melalui konferensi video. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gowa tahun anggaran 2019 disampaikan dan diserahkan secara virtual pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gowa melalui konferensi video, Rabu (27/5/2029).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan, penyerahan LKPJ secara virtual ini dilakukan karena melihat situasi saat ini masih dalam pandemi COVID-19. Menurutnya hal ini sudah sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri.

“Dalam surat Menteri Dalam Negeri Nomor 700/1723/otda tanggal 24 maret 2020 perihal perpanjangan waktu penyerahan LKPJ pada poin 6 berbunyi bahwa bupati dapat menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepada DPRD dengan memanfaatkan sarana teleconference dan/atau video conference,” kata Bupati Adnan.

Selain itu, LKPJ ini kata Adnan merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah pasal 69 ayat 1, bahwa kepala daerah diwajibkan menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam pasal 19 ayat 1 peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019.

“Laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah disampaikan kepada DPRD dilakukan 1 kali dalam 1 tahun, paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” jelasnya.

Bupati Adnan dalam laporannya mengungkapkan, selama empat tahun pemerintahannya bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Kabupaten Gowa mengalami tren positif.

Hal ini sesuai hasil survei yang dilakukan Jaringan Survei Indonesia (JSI). Hasil survei JSI menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja Pemkab Gowa naik dari 83,3% di tahun 2018 menjadi 90,7% pada tahun 2019.

Orang nomor satu di Gowa ini juga menyebutkan bahwa hasil pembangunan Kabupaten Gowa kian nyata memberikan kebanggaan untuk masyarakat Kabupaten Gowa. Sampai dengan saat iniPemkab Gowa telah menerima 103 penghargaan, baik di tingkat nasional, regional maupun provinsi.

”Berbagai penghargaan tersebut tentu menggambarkan adanya peningkatan kinerja pemerintahan yang semakin baik bagi daerah dan masyarakat Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)