TOPIK TERPOPULER

Nama Baharuddin Lopa Diabadikan Jadi Nama Gedung Kejari Luwu

Chaeruddin
Nama Baharuddin Lopa Diabadikan Jadi Nama Gedung Kejari Luwu
Peresmian Gedung Baharuddin Lopa di Kejari Luwu dilakukan langsung oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang didampingi Kajari Luwu, Erny Veronica Maramba. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Nama Almarhum Baharuddin Lopa diabadikan jadi nama gedung pertemuan Kejaksaan Negeri (Kejari) Luwu. Peresmian dilakukan pada peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61, Kamis (22/7) siang.

Peresmian dilakukan Bupati Luwu, Basmin Mattayang didampingi Kepala Kajari Luwu, Erny Veronica Maramba,  disaksikan Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Gunawan, Wakapolres Luwu, Kompol H Abdul Salam, serta sederet pejabat Pemkab Luwu.

Baca juga: Kejari Luwu Tegaskan Komitmen Penanganan Kasus Korupsi

Bupati Luwu mengatakan, pemberian nama Baharuddin Lopa pada Gedung Pertemuan Kejari Luwu oleh Kepala Kejari  Luwu, Erny Veronika Maramba dianggap sangat tepat. Sebab, Almarhum yang juga mantan Jaksa Agung RI era tahun 2001 adalah sosok panutan bagi insan Adhyaksa di seluruh Indonesia.

Kajari Luwu sangat tepat memberikan nama Baharuddin Lopa pada gedung ini. Hal ini agar kita selalu mengenang sosok yang memiliki karakter yang disiplin dan jujur dalam melaksanakan fungsinya sebagai penegak hukum," katanya.



"Bukan hanya bagi penegak hukum, tetapi kita semua selaku abdi negara dan abdi masyarakat patut menjadikan beliau sebagai panutan dalam melaksanakan tanggung jawab yang diamanahkan negara kepada kita," lanjutnya.

Basmin menjelaskan pembangunan Gedung Baharuddin Lopa merupakan hibah dari Pemkab Luwu kepada Kejari Luwu. Hal itu sebagai bentuk sinergi dan dukungan dalam membantu masyarakat mendapatkan layanan hukum maksimal.

Baca juga: Disdik Luwu Gandeng Kejaksaan Beri Penyuluhan Hukum ke Kepala Sekolah

Dalam kesempatan yang sama, Kajari Luwu, Erny Veronika Maramba menyampaikan, sesuai arahan Kejaksaan Agung, peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 harus dilaksanakan sederhana tanpa ada kegiatan dalam bentuk syukuran.

“Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mengingat saat ini negara kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 dan sebagai bentuk keprihatinan kami kepada sesama insan adhyaksa yang meninggal dunia akibat terkonfirmasi Covid-19, maka perayaan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 tahun 2021 kali ini meniadakan kegiatan dalam bentuk syukuran ataupun perayaan secara besar-besaran," kata Erny.



Erny mengaku bersyukur, selama menjalankan tugasnya di Kabupaten Luwu, ia terus mendapat dukungan dari Pemkab Luwu, salah satunya hibah Gedung Baharuddin Lopa yang akan memaksimalkan kinerja kejaksaan. Begitupun dukungan dari jajarannya.

Baca juga: Bapenda Luwu Gandeng Kejaksaan Atasi Tunggakan Pihak Ketiga

Selain peresmian Gedung Baharuddin Lopa, peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 dirangkaikan pula dengan penandatangan MoU antara Pemkab Luwu dengan Kejari Luwu terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.



(luq)

halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!