Disdukcapil Parepare Terbitkan Ribuan Kartu Identitas Anak

Sabtu, 24 Juli 2021 - 07:30 WIB
loading...
Disdukcapil Parepare Terbitkan Ribuan Kartu Identitas Anak
Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, menjadikan Kota Parepare sebagai daerah percontohan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), sejak tahun 2017.

Kepala Dinas Kependudukan Capil Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, usai mengikuti kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional secara virtual, di Kantor Bappeda Kota Parepare, Jumat (23/7) kemarin.



Adi Hidayah menjelaskan, Parepare jadi percontohan karena adanya upaya dan dukungan dari berbagai pihak dalam meningkatkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Hal itu dibuktikan dari data Disdukcapil, telah mencetak 34.816 keping KIA.

"Tingkat kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) saat ini mencapai 34.816 anak atau sudah 72,29 persen, dari total jumlah anak di Kota Parepare yaitu sebanyak 48.159 yang wajib KIA. Masih ada tersisa 13.343 anak belum memiliki KIA, kami terus berupaya agar tahun ini minimal tercapai 80 persen," papar Adi.

Adi mengimbau, agar masyarakat memiliki anak di bawah usia 17 tahun, agar melakukan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA). Hal itu kata dia, juga untuk memudahkan anak yang akan melakukan vaksin harus membawa KIA.

Masyarakat yang membutuhkan layanan KIA, tambah Adi, juga tidak perludatang ke kantor Disdukcapil . Sejak pandemi Covid-19, kata dia, layanan tatap muka ditiadakan untuk sementara waktu, hal itu sebagai langkah meminimalkan interaksi dengan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus Corona.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7242 seconds (0.1#10.140)