Hindari Penebangan Pohon, Desa Manurung Produksi Perahu Berbahan Fiber

Sabtu, 24 Juli 2021 - 07:58 WIB
loading...
Hindari Penebangan Pohon, Desa Manurung Produksi Perahu Berbahan Fiber
Kepala Desa Manurung memproduksi perahu berbahan fiber untuk menghindari penebangan pohon sebagai bahan baku perahu. Foto: Istimewa
A A A
LUWU TIMUR - Maraknya pembalakan hutan dan penebangan pohon untuk mpembuatan perahu di Luwu Timur, membuat salah satu desa di sana beralih menggunakan bahan fiber.

Desa Manurung, Kecamatan Malili, Luwu Timur kini sementara fokus untuk memenuhi kebutuhan perahu nelayan di Luwu Timur dengan membentuk Fiber Bataraguru Industries yang memproduksi perahu fiber.



Irwan Jafar Kepala Desa Manurung, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan yang menginisiasi berdirinya Fiber Bataraguru Industries sebagai perusahaan produsen perahu berbahan fiber.

Irwan mengaku usaha yang dirintisnya sejak Januari 2021 itu telah berhasil memenuhi puluhan pesanan perahu baik dari Luwu Timur maupun daerah lain di Sulawesi Selatan .

Menurut Irwan, perahu berbahan fiberglass ini memiliki keunggulan dibanding perahu dari kayu. Bahan serat kaca silika ini mirip dengan plastik namun lebih kokoh dan ringan.

Tahapan pembuatan perahu ini dimulai dari membuat mal, tulangan, hingga pencetakan body perahu. Sementara waktu pengerjaan, dibutuhkan waktu 3 hari untuk satu unit perahu.

"100 persen pembuatan perahu dibuat oleh kami, hanya saja bahan baku kami masih membeli dari Surabaya, karena kami hanya menggunakan bahan baku yang betul-betul memiliki kualitas yang bisa dijamin kekuatannya sebab mengandung bahan serat pilihan," ujar Irwan.

Jenis perahu yang diproduksi oleh Fiber Bataraguru ini baru dua jenis perahu saja, yakni perahu nelayan jenis bala-bala, dan speed boat. "Tetapi kami tidak menutup kemungkinan memproduksi jenis perahu yang lain tergantung pesanan," ungkapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3174 seconds (0.1#10.140)