237 Sapi Kurban Disembelih di RPH Tamangapa saat Idul Adha

Sabtu, 24 Juli 2021 - 10:33 WIB
loading...
A A A
Ridwan menuturkan, saat ini RPH Tamangapa dibekali tiga unit alat restraining box atau alat perebah sapi untuk keperluan pemotongan hewan. Tujuannya membuat hewan bisa lebih tenang sebelum disembelih. Selain itu RPH juga dibekali suplai air bersih dari PDAM untuk menjamin daging tetap steril.

Dalam waktu dekat juga akan ada penambahan satu unit restraining box. Dengan penambahan alat itu, jumlah pemotongan bisa mencapai 70-100 ekor per hari. Utamanya untuk melayani kebutuhan daging harian.

Selain itu, lanjut Ridwan, juga akan diadakan railing atau penyekat, dan costorage atau tempat pendingin. Dalam rangka kebutuhan daging beku untuk keperluan ekspor luar daerah dan karkas atau gantungan hewan setelah dipotong.



"Alatnya, untuk sementara ini kita masih tunggu bantuan dari Pemprov . Tahun ini akan ditambah alat penggantungan karkas nantinya untuk kota Makassar, jadi bantuan akan bertahap masuk, sehingga ini bisa berguna bagi pengusaha karena output yang dikeluarkan semua untuk kota Makassar," pungkasnya.

Diketahui, RPH Tamangapa telah direvitalisasi berkat kolaborasi dari pemerintah pusat, Pemprov Sulsel, dan Pemkot Makassar. RPH tersebut diharapkan bisa menjadi RPH terbaik se-Indonesia Timur.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)