TOPIK TERPOPULER

Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara Bertambah 79

Tim SINDOnews
Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara Bertambah 79
Ilustrasi. Foto: Istimewa

LUWU UTARA - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara bertambah 79 pada Sabtu 24 Juli 2021. Penambahan ini dikonfirmasi Juru Bicara Satgas Covid-19 Luwu Utara, Komang Krisna.

Komang menjelaskan, 79 kasus tersebut tersebar di sejumlah kecamatan Kabupaten Luwu Utara. Terbanyak di Sukamaju dengan 26 kasus. Disusul Bonebone (11), Masamba (8), Sabbang Selatan (7), Sukamaju Selatan (5), dan Rongkong (5).

Baca juga: Tak Mau Divaksin Covid-19, ASN di Luwu Utara Siap-siap Tidak Terima TPP

Kemudian Kecamatan Tanalili (5), Sabbang (4), Mappedeceng (4), serta Baebunta dan Malangke Barat, masing-masing 2 kasus. Kini, dari 15 kecamatan yang ada, 12 kecamatan zona oranye, 2 kuning dan 2 hijau. Tinggal Seko dan Rampi yang sejauh ini masih zona hijau.

Total kasus aktif di Luwu Utara saat ini sebanyak 303 kasus, dengan 46 orang dirawat di rumah sakit. Selebihnya, 257 orang melakukan isolasi mandiri. Adapun tingkat keterisian rumah sakit (BOR), yaitu 48,89% di ruang perawatan, dan 77,78% di ruang ICU.



Komang Krisna mengatakan, kasus harian baru di Luwu Utara sedang sangat tinggi. “Positivity rate kita sangat tinggi, sehingga kemampuan virus menularkan juga sangat tinggi,” jelas Komang.

Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah, Kecamatan di Lutra Diminta PPKM Mikro Berbasis RT/RW

Bahkan, kata dia, perawatan di ruang ICU rumah sakit meningkat sangat tajam. Yang jadi masalah saat ini, kata dia, adalah cakupan vaksinasi yang belum mencapai 60-80%, sehingga kemungkinan orang terpapar juga masih sangat tinggi.

“Masalahnya sekarang adalah cakupan vaksinasi kita belum mencapai 60-80%,” ucap dia sembari berharap protokol kesehatan tetap dilakukan dengan sangat ketat. Dia juga berharap, vaksinasi Covid-19 harus dikebut sehingga pemerintah bisa mengambil kebijakan herd immunity.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!