TOPIK TERPOPULER

Beny Bandanadjaja Kenalkan Program MBKM saat PKKMB Politani Pangkep

Tim SINDOnews
Beny Bandanadjaja Kenalkan Program MBKM saat PKKMB Politani Pangkep
Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Beny Bandanadjaja. Foto: Istimewa

PANGKEP - Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Beny Bandanadjaja, memperkenalkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada mahasiswa baru Politani Pangkep dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kehadiran Direktur PTVP dalam kegiatan tersebut, menjadi salah satu hal yang spesial karena pada kesempatan tersebut ia tidak hanya menyapa mahasiswa baru melainkan juga memperkenalkan program MBKM, pada acara yang diselenggarakan secara virtual Rabu, (21/07/2021) lalu.

Baca Juga: 6 Tim PKM Lolos Program Ditjen Vokasi, Politani Pangkep Masuk 10 Besar

Diketahui, MBKM merupakan salah satu program yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Direktur PTVP menjelaskan bahwa merdeka belajar bagi mahasiswa adalah memiliki hak atau kebebasan belajar selama 3 semester di luar Program Studi (Prodi) yang diatur dalam Permendikbud No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.



“Ini dibagi menjadi dua, satu semester di luar prodi di dalam kampus dan dua semester di luar kampus,” ujarnya.

Dalam paparannya, Direktur PTVP menjabarkan delapan bentuk-bentuk pembelajaran MBKM di Luar Kampus, yaitu Magang/Praktik Kerja, Proyek di Desa, Mengajar di Sekolah, Pertukaran Mahasiswa, Penelitian Riset Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, serta Proyek Kemanusiaan.

Kedelapan bentuk program MBKM tersebut kata dia, dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia dengan persyaratan yang ada.

Melalui program tersebut, lanjutnya mahasiswa diharapkan dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk bisa mempelajari hal-hal yang tidak didapatkan pada Program Studinya.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!