RS Otak di Sulsel Bakal Dibangun 2022, Kemenkes Siapkan Rp900 M

Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:47 WIB
loading...
RS Otak di Sulsel Bakal Dibangun 2022, Kemenkes Siapkan Rp900 M
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bertemu rombongan Kemenkes, Jumat 4 Juni 2021. Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana membangun Rumah Sakit (RS) Pusat Otak Nasional di Sulsel. Proyek yang bakal dikerjasamakan dengan Pemprov Sulsel itu tengah dikaji penempatan lokasinya.

Rencana itu mengemuka dalam kunjungan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kemenkes RI , Prof dr Abdul Kadir di kantor Gubernur Sulsel, Jumat (4/6/2021). Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang menerima kunjungan itu menyambut baik rencana tersebut.

Baca Juga: Kemenkes
“Rencana pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Anggarannya sekitar Rp 900 Miliar dari APBN," ungkap Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman.

Dia melanjutkan, RS Pusat Otak Nasional itu ke depan tidak hanya untuk penanganan otak. Namun juga sebagai pusat pelayanan jantung, stroke, hingga kanker yang melayani di kawasan Timur Indonesia. Pemprov Sulsel dalam proyek ini akan membantu dalam penyediaan lahan pembangunan.

"Untuk rencana proses pengerjaan fisik diperkirakan pada tahun 2022. Saat ini, masih melakukan survei lokasi di beberapa lahan aset milik pemprov. Intinya lokasi yang aksebilitas yang cepat untuk daerah, dan juga cepat dari luar," ujarnya.



"Kami mohon bantuan bapak Plt Gubernur untuk merealisasikan rencana pembangunan rumah sakit ini. Dan kami siapkan anggaran sekitar Rp900 miliar untuk bangunan gedung dan peralatan rumah sakit," ungkap Abdul Kadir.

RS itu nantinya akan dibangun berstandar internasional. Bahkan bisa menjadi peluang besar untuk Sulsel, karena akan melayani masyarakat di Indonesia bagian Timur.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)