Sulsel Sudah Bisa Terapkan New Normal, Tim Gugus Mulai Bahas Skema

Kamis, 28 Mei 2020 - 11:29 WIB
loading...
Sulsel Sudah Bisa Terapkan New Normal, Tim Gugus Mulai Bahas Skema
Tim Gugus Sulsel saat melakukan rapat terkait kondisi COVID-19 di Sulsel. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Selatan, mulai mempersiapkan skema menghadapi penerapan New Normal dalam pencegahan pandemi Virus Corona atau COVID-19.

Skema penerapan New Normal ini dibahas di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Rabu (27/5/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung Asisten Operasional Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sulsel Kolonel Inf Eden Chandra Hayat yang dihadiri beberapa pejabat Kodam XIV Hasanuddin dan Perwakilan Polda Sulsel.

"Kegiatan rapat ini untuk membahas antisipasi pemberlakuan new normal, karena keputusan sudah ada di beberapa daerah yang di tunjuk untuk pemberlakuan new normal. Pemerintah Pusat sudah menyetujui empat provinsi dan 25 Kabupaten/kota untuk pemberlakuan New Normal," ungkap Kolonel Inf Eden Chandra Hayat dalam rapat tersebut.

Menurut Eden, Sulsel saat ini sudah mulai memenuhi persyaratan pemberlakuan New Normal salah satunya apabila daerah sudah mengalami penurunan angka kasus di atas 50 persen.



"Sementara ini di Sulawesi Selatan sudah terjadi penurunan kasus yang cukup baik, mulai dari 40 sampai 43 persen. Hingga tadi malam terjadi penurunan 103 kasus," imbuhnya.

Eden menegaskan untuk mengahadapi New Normal, Gugus COVID-19 Sulsel harus mempersiapkan skema khusus sejak dini dengan menyusun draft skema aturan baru tersebut. Tujuannya agar nantinya tidak terjadi permasalahan yang akan menghambat pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Makanya kita lakukan pembahasan skema ini guna mengantisipasi bila mana nanti, Sulsel diberikan untuk itu. Jadi kita sudah siap perencanaannya," tegasnya.

Di tempat yang sama, Karo Ops Polda Sulsel Kombes Pol Joni Triharto mendukung rencana New Normal jika akan diberlakukan aturan New Normal. Pihaknya bakal mendukung 30 persen pelaksanaan di lapangan sesuai aturan yang berlaku. Tentunya dengan sinergitas Pemda dan intasi terkait lainnya.

"Mudah-mudahan kesadaran masyarakat lebih meningkat yang diikuti kepatuhan pada protokol kesehatan, tidak berkerumun, jaga lingkungan agar tetap bersih, memakai masker dalam beraktivitas dan sering mencuci tangan dengan sabun atau handsanitiser sehingga angka kasus semakin menurun," terang Joni.

Diketahui saat ini di Sulsel terkonfirmasi: 1,381 kasus positif COVID-19 , 518 orang sudah sembuh dan 68 meninggal dunia.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)