TOPIK TERPOPULER

Masih Minim, Realisasi Tender Proyek Pemkot Makassar Baru 19 Persen

Ashari Prawira Negara
Masih Minim, Realisasi Tender Proyek Pemkot Makassar Baru 19 Persen
Realisasi tender proyek Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar masih sangat minim, yaitu baru mencapai 19,6%. Foto/Ilustrasi

MAKASSAR - Realisasi tender proyek Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar masih sangat minim, yaitu baru mencapai 19,6% dari total 535 paket yang akan dilelang tahun ini.

Padahal penganggaran sudah memasuki triwulan ketiga. Minimnya realisasi tender tersebut berpotensi menjadi penyebab sejumlah proyek tidak bisa rampung pada akhir tahun.

"Karena masih pandemi, kemudian teman-teman di SKPD masih berkutik di persoalan sistem informasi rencana pengadaan, yang mana di bulan dua itu sudah selesai 100% tinggal bagaimana model pendampingan," kata Kepala Unit Layanan dan Pengadaan Pemkot Makassar, Fuad Azis.

Baca Juga: Pendaftar CPNS dan PPPK di Pemkot Makassar Capai 8.071 Peserta

Dia mengaku, realisasi dibandingkan situasi normal pada bulan yang sama biasanya sudah mencapai 40% hingga 50%. Meski masih minim, Fuad mengaku optimis target realisasi dapat dikejar pada dua bulan ke depan.



Fuad mengatakan akan mulai menerapkan sistem jemput bola ke SKPD terkait untuk menggenjot realisasinya.

"Yang sudah selesai itu adalah baru yang hibah, mulai dari pelaksanaan pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri Makassar, rehab Kantor Denpom dan pembangunan Rumah Jabatan Kapolres, itu sudah jalan. Untuk percepat tender ini kita akan lakukan sistem jemput bola ke SKPD masing-masing," pungkasnya.

Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara mengatakan dapat memaklumi kondisi minimnya realisasi tahun ini, dimana Pemkot masih tersandung pada persoalan keuangan.

Baca Juga: Pemkot Makassar Belum Maksimal Tekan Angka Kasus Covid-19



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!